PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI PERINTAH PROGRAM WORD PROCESSOR MELALUI PENGGUNAAN FLASHCARD

Siti Rosyidah

Abstract


Di era digital ini, kualitas pembelajaran harus mengikuti perkembangan kecanggihan teknologi. Siswa dituntut untuk dapat mengoperasikan program komputer khususnya aplikasi Word Processor. Untuk dapat mengoperasikannya dengan benar,  siswa harus memiliki kemampuan mengidentifikasi perintah program tersebut. Akan tetapi, siswa seringkali menemui kesulitan  dalam menemukan letak dan fungsi perintah dalam interfacenya. Sehingga hal ini juga berpengaruh pada kemampuan membuat produk digital dengan apik dan kreatif. Di sisi lain dalam kegiatan pembelajaran mengidentifikasi perintah program, guru masih menggunakan metode belajar demonstrasi dan ceramah dengan media pembelajaran yang tidak menarik. Akibatnya keaktifan siswa belum nampak sehingga hasil belajarnya pun belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Oleh karena itu, guru berupaya menerapkan media pembelajaran inovatif untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan media belajar Flashcard secara berkelompok. Media pembelajaran tersebut dipandang mampu menarik perhatian siswa dan memudahkan dalam mengidentifikasi perintah pada program Word Processor. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan tindakan hasil belajar siswa meningkat dari ketuntasan klasikal 47,06% pada siklus I menjadi 79% pada siklus II. Sedangkan nilai rata-rata kelas dari 66,76 pada siklus I meningkat menjadi 84,88 pada siklus II. Hasil belajar tersebut telah melampaui batas KKM yakni 76 dengan  ketuntasan minimal 75%.

 

 


Keywords


Kemampuan mengidentifikasi perintah program, flashcard

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Kasihani K.E Suyanto. 2007. English for Young Learners Melejitkan Potensi Anak Melalui English Class yang Fun, Asyik, dan Menarik. Jakarta: Bumi aksara.

Sardiman A.M. 2010. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats