PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN WRITING SKILL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

Jeane Marlyn Travelin Mokat

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1)mendeskripsikan proses pembelajaran Bahasa Inggris dengan penerapan metode peta pikiran (mind mapping) (2)meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Bahasa Inggris dengan penerapan metode peta pikiran (mind mapping). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu sebuah penelitian untuk menciptakan kinerja sekolah yang lebih baik. Lokasi penelitian ini di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Manado, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu: (1)tahap perencanaan tindakan, (2)tahap pelaksanaan tindakan, (3)tahap observasi dan interprestasi, dan (4)tahap analisis dan refleksi. Permasalahan dalam pembelajaran berangsur-angsur dapat diatasi dengan penerapan metode peta pikiran. Hasil belajar bahasa Inggris siswa meningkat. Rata-rata nilai pada prasiklus 66,17, dengan tingkat ketuntasan klasikal 27,45%. Pada siklus I, nilai rata-rata tes adalah 72,22 dengan ketuntasan klasikal mencapai 64,71%. Pada siklus II, nilai rata-rata mencapai 79,40 dengan ketuntasan klasikal mencapai 76,47%. Berdasarkan tindakan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa (1)penerapan metode peta pikiran dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran Bahasa Inggris. (2)Penerapan metode peta pikiran dapat meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Bahasa Inggris pada siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Manado, yaitu minimal 75% siswa memperoleh nilai 75 atau lebih sebagai batas tuntas.

 

Kata Kunci : Metode Mind Mapping, Writing Skill, Pembelajaran Bahasa Inggris

 

PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN WRITING SKILL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

 

Abstract: The goals of this research is 1) to describe the English learning process with mind mapping, 2) to enhance the competence of communication in English with mind mapping. The research was Classroom Action Research to create the better school achievement. The subject of the research was the students of Class XI IPA 1 SMA Negeri 1 Manado, the academic year of 2014/2015. The research had been done for two cycles. Each cycle consists of: (1) planning, (2) acting, (3) observing and interpreting, and (4) reflecting and analysis. The problems of learning could periodically be overcome by the application of mind mapping method. The result of learning had increased. The average of mark on pra cycle 66.17 with the class mastery learning 27.45%. On cycle 1, the average of mark was 72.22 with the class mastery learning was 64.71%. On cycle 2, the average of mark was 79.40 with the class mastery learning was 76.47%. Based on the application of mind mapping, it can be concluded that the application of mind mapping method (1)can increase the quality of English learning process, (2) can increase the competence of English communication for the students of class XI IPA 1 SMA Negeri 1 Manado, at least the students got 75% or the students got ≥ 75.

 

Key Word: Mind Mapping Method, Writing skill, English Learning.


Keywords


Mind Mapping Method, Writing skill, English Learning.

Full Text:

PDF

References


Buzan, Tony. 2004. Mind Map untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Darsono, Max. Tanpa tahun. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Press.

Sastrawijaya, Tresna A. 1991. Pengembangan Program Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Somantri, Nurdin. 2003. Penerapan Metode Simulasi Tematis Untuk Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa. [Online]. Retrieved 20 January 2005 from http://artikel.us/nsomantri2.html

Sunardi. 1997. Menangani Kesulitan Belajar. Surakarta: UNS Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats