UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR GEOGRAFI MELALUI METODE “BUS STOP”

Hakam Basori

Abstract


Motivasi belajar siswa tidak hanya dipengaruhi oleh kemampuan akademik siswa, tetapi bisa juga tergantung pada metode pembelajaran yang kurang tepat. Seperti yang terjadi pada siswa kelas X-5 SMA Negeri 4 Probolinggo tahun 2015/2016. Mereka rata-rata memiliki kemampuan akademik yang tinggi namun motivasi belajar masih rendah.Penelitian tindakan kelas dengan metode pembelajaran “BUS STOP” ini dilakukan pada semester ganjil tahun 2015/2016 untuk siswa kelas X-5 di SMA Negeri 4 Probolinggo, Yang berlangsung melalui dua siklus dengan perlakuan pembagian kelompok berbeda. Sklus I  5  kelompok (5/6 orang) dan Siklus II  7 kelompok ( 3/ 4 orang) Hasil penelitian ini dapat menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Geografi dari siklus I (76%) mening-kat pada siklus II menjadi (93.%).

 

 


Keywords


Motivasi Belajar dan Metode Bus Stop.

Full Text:

PDF

References


Clegg, Brian. 2006. Instant Motivasion. Jakarta: Erlangga.

Daryanto. 1977. KamusBahasaIndonensiaLengkap. Surabaya: Apollo.

Irwanto. 2002. PsikologiUmum. Jakarta: Prenhallindo.

Kouzes, M. James. 1997. Kredibilitas. Jakarta: Profesional Books.

Uno, B. Hamzah. 2006. OrientasiBaruDalamPsikologiPembelejaran. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats