PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI MEDIA BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR DAN KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 PROBOLINGGO DENGAN MENGGUNAKAN PARTIAL LEAST SQUARE STRUCTURAL EQUATION MODELING

Tony Wahyudi Faisal

Abstract


Penggunaan internet sebagai media belajar sangat membantu para akademisi dalam belajar. Keberadaan internet bisa berdampak positif dan sekaligus bisa berdampak negatif bagi remaja dan pelajar. Wawasan tentang karateristik remaja pelajar dalam mengakses internet perlu diketahui oleh orang tua dan guru sebagai upaya kontrol terhadap penggunaan internet. Penggunaan internet sebagai media belajar mampu mempengaruhi motivasi belajar siswa sekaligus meningkatkan kreativitasnya. Tujuan akhirnya adalah tercapainya prestasi belajar yang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dampak penggunaan internet sebagai media belajar terhadap prestasi belajar siswa. Metode analisis yang dipakai adalah Output Combined Loading and Cross-Loadings pada Outer Model yang menampilkan konstruk pada kolom dan indikator-indikatornya pada baris. Hasil yang diperoleh adalah penggunaan internet sebagai media belajar berpengaruh positif terhadap motivasi belajar, kreativitas serta media belajar internet berpengaruh secara tidak langsung terhadap prestasi belajar.

 


Keywords


SEM-PLS, Media Belajar Internet

Full Text:

PDF

References


Dubatar, Jalarwin. 2008. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pengelasan Pada Siswa Yang Berprestasi Tinggi Dan Rendah diSMK SWASTA 1 Trisakti Laguboti – Kabupaten Toba Samosir.

Kock, N. 2013. Advanced mediating effects tests, multi-group analyses, and measurement model assessments in PLS-based SEM. Laredo, TX: ScriptWarp Systems.

Munandar, Utami. 2002. Kreativitas dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rahardjo, Budi. 2009. Model Inovasi E-learning dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan http://pustekkom.depdiknas.go.id/index.php?pilih=hal&id=70

Sadirman A. M. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sarwono, Jonathan & Narimawati, Umi. 2015. Membuat Skripsi, Tesis, dan Disertasi dengan Partial Least Square SEM (PLS-SEM). Yogyakarta: Andi Offset.

Sholohin, Mahfud & Ratmono, Dwi. 2013. Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 3. Yogyakarta: Andi Offset.

Thomburgh, Dick & Lin, Herbert S. 2002. Youth, Pornography and The Internet. Washington: National Academy Press.

Winkel, W.S. 2007. Psikologi Pengajaran: Yogyakarta: Media Abadi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats