MENDESKRIPSIKAN KERJA SAMA ANTARNEGARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DL (DISCOVERY LEARNING)
Abstract
Dalam penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam mendeskripsikan kerja sama antarnegara melalui pembelajaran model DL (Discovery Learning) pada peserta didik kelas IX F SMP Negeri 7 Probolinggo tahun pelajaran 2017/2018. Rancangan dalam penelitian tindakan kelas ini dimulai dari tahap identifikasi masalah. Tindakan penelitian menggunakan siklus, yang terdiri atas tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) tahap refleksi (siklus I dan II) untuk mengkaji, melihat, dan mempertimbangkan hasil atau dampak dari tindakan (Kemmis and Taggart, 1988). Dalam aktivitas belajar Kerja Sama Antarnegara melalui model DL (Discovery Learning) pada peserta didik Kelas IX F di SMP Negeri 7 Probolinggo tahun pelajaran 2017/2018 (Siklus II) diperoleh sebanyak 22 orang (100%) peserta didik mencapai kategori baik. Dalam hasil belajar Kerja Sama Antarnegara melalui model DL (Discovery Learning) pada peserta didik Kelas IX F di SMP Negeri 7 Probolinggo tahun pelajaran 2017/2018 (Siklus II) diperoleh sebanyak 22 orang (100%) peserta didik telah mencapai KKM (75). Berdasarkan hasil belajar pada siklus II ini maka aktivitas dan hasil belajar pada siklus II menyatakan sudah tercapai sesuai indikator keberhasilan penelitian dari penelitian tindakan kelas ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Iwan Setiawan. 2015. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. IPS Kelas IX/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria Dearcin University Press.Dahar, R.W. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Sudarmanto. 2017. Model Pembelajaran Kooperatif untuk Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: .Sunrise.
Winataputra ,Udin S. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka
Yulianto, A. Rony dan Dewi Apriani Fr. 2010. Kesulitan Belajar Perpajakan dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal. Tegal: Program Studi Pendidikan Ekonomi,FKIP, Universitas Pancasakti Tegal.
Refbacks
- There are currently no refbacks.