UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING PADA SISWA SMK NEGERI 2 PALU
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmad, A & Irmansyah, I. 2011. Efektifitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Realistic Matematic Education (RME ) Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SD. Jurnal Pendidikan, Volume 12, Nomor 1, Maret 2011, 33-40, (http://jurnal.ut.ac.id/index.php/JP/ article/view/109).
Arikunto, S. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Farhan, M & Retnawati, H. 2014. Keefektifan PBL dan IBL ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Representasi Matematis, dan Motivasi Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 227-240. Doi: 10.21831/jrpm.v1i2.2678
Masykur, Ag., M., & Fathani, A., H. 2008. Mathematical intelligence. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nur, M dan Wikandari, P. R. 2000. Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Tesis. Surabaya: PSMS Program Pasca Sarjana Unesa
Ompusunggu, V, D, K. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematik Dan Sikap Positif Terhadap Matematika Siswa Smp Nasrani 2 Medan Melalui Pendekatan Problem Posing. Masters thesis, UNIMED. (Online), (http://digilib.unimed.ac.id).
Pratiwi, I. & Widayati, A. 2012. Pembelajaran Akuntansi melalui Reciprocal Teaching Model untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemandirian Belajar dalam Materi Mengelola Administrasi Surat Berharga Jangka Pendek Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 133-152. doi: 10.21831/jpai.v10i2.917
Ratumanan, T.G. 2000. Pengajaran interaktif: Arah baru dalam pengajaran matematika. Prosiding. Seminar Nasional Matematika ITS, 2 November 2000.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id