UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING PADA SISWA SMK NEGERI 2 PALU

I Wayan Mudiarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penggunaaan model pembelajaran reciprocal teaching pada siswa SMK Negeri 2 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan MC. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI AP-1 (n= 32) tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga kali siklus yang masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Data diperoleh melalui pengamatan dan hasil tes formatif yang dilaksanakan disetiap akhir pertemuan. Hasil analisa data menunjukkan bahwa dengan mengikuti tahapan dari reciprocal teaching yaitu merangkum, bertanya, menjelaskan, dan memprediksi, nilai rata-rata dan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa meningkat disetiap siklus.

Keywords


Model pembelajaran reciprocal teaching dan hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Achmad, A & Irmansyah, I. 2011. Efektifitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Realistic Matematic Education (RME ) Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SD. Jurnal Pendidikan, Volume 12, Nomor 1, Maret 2011, 33-40, (http://jurnal.ut.ac.id/index.php/JP/ article/view/109).

Arikunto, S. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Farhan, M & Retnawati, H. 2014. Keefektifan PBL dan IBL ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Representasi Matematis, dan Motivasi Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 227-240. Doi: 10.21831/jrpm.v1i2.2678

Masykur, Ag., M., & Fathani, A., H. 2008. Mathematical intelligence. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nur, M dan Wikandari, P. R. 2000. Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Tesis. Surabaya: PSMS Program Pasca Sarjana Unesa

Ompusunggu, V, D, K. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematik Dan Sikap Positif Terhadap Matematika Siswa Smp Nasrani 2 Medan Melalui Pendekatan Problem Posing. Masters thesis, UNIMED. (Online), (http://digilib.unimed.ac.id).

Pratiwi, I. & Widayati, A. 2012. Pembelajaran Akuntansi melalui Reciprocal Teaching Model untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemandirian Belajar dalam Materi Mengelola Administrasi Surat Berharga Jangka Pendek Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 133-152. doi: 10.21831/jpai.v10i2.917

Ratumanan, T.G. 2000. Pengajaran interaktif: Arah baru dalam pengajaran matematika. Prosiding. Seminar Nasional Matematika ITS, 2 November 2000.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats