PENINGKATAN PROSES BELAJAR MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN

Suwarni Suwarni

Abstract


Peserta didik masih terbiasa melakukan kebiasaan belajar yang kurang baik seperti belajar hanya saat akan ada ulangan atau ujian. Sehingga prestasi belajar yang diraih belum optimal. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan penerapan prinsip belajar yang bisa merubah kebiasaan belajar siswa agar meraih prestasi yang membanggakan. Penggunaan model layanan penguasaan konten telah berhasil dilaksanakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam meningkatkan prinsip dan kebiasaan belajar pada peserta didik kelas IX-D SMP Negeri 7 Probolinggo. Tujuan umum penelitian ini dapat meningkatkan proses belajar prinsip dan kebiasaan belajar melalui layanan penguasaan konten. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus II, hasil Angket I berkaitan dengan prinsip dan kebiasaan di sekolah dapat diketahui bahwa skor rerata yang dicapai adalah 91,84 atau lebih dari 75. Berarti peserta didik yang melaksanakan proses belajar di sekolah telah sesuai dengan indikator keberhasilan penelitian. Pada siklus II, hasil Angket II berkaitan dengan prinsip dan kebiasaan di rumah dapat diketahui bahwa  jumlah peserta didik yang mencapai kategori baik dan sangat baik sebesar 100% atau lebih dari 75%. Skor rerata yang dicapai adalah 93,75 atau lebih dari 75. Berarti peserta didik yang melaksanakan proses belajar di sekolah telah sesuai dengan indikator keberhasilan penelitian.Maka proses belajar pada siklus II menyatakan telah tercapainya tujuan dan indikator keberhasilan penelitian dari penelitian tindakan kelas ini.

 


Keywords


Proses Belajar, Layanan Penguasaan Konten

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu & Widodo, Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ali dan Asrori. 2005. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Kasihani, Lilik. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Brainstorming Untuk Meningkatkan Kematangan Hubungan Sosial Dengan Teman Sebaya. Jurnal Ilmiah Pro Guru, Volume 3 Nomor 2, April 2017. ISSN: 2442–2525

Kemmis, S. dan Mc . Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria Dearcin University Press.

Natawidjaja, Rochman & Moleong, L. J. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Mutiara Sinar.

Prayitno dan Amti, Erman. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats