PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIK TERHADAP MATERI PENYAJIAN DATA DALAM BENTUK DIAGRAM LINGKARAN PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI SUKABUMI 2 PROBOLINGGO

Rina Chidayatiningsih

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang penyajian data dalam bentuk diagram lingkaran pada peserta didik kelas VIB SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo. Melalui pendekatan pembelajaran realistik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang Penyajian Data dalam bentuk Diagram Lingkaran pada peserta didik kelas VIB SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan, setiap pertemuan 2x35 menit. Apabila dalam 2 siklus belum memenuhi kriteria keberhasilan maka dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Model siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi, dan refleksi, kemudian mengadakan perencanaan kembali. Terdapat perbedaan signifikan nilai yang dicapai antara siklus I dengan siklus II, ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran Matematika Realistik berdampak bagi peningkatan nilai afektif, psikomotor, dan kognitif peserta didik. Hal ini terbukti dengan meningkatnya hasil belajar ranah afektif, psikomotor, dan  kognitif  yang diperoleh setiap peserta didik.

 


Keywords


Pendekatan Realistic dan hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rika Cipta

Freudenthal Institute. (1999). Freudenthal Institute. Utrecht: Universiteit Utrecht.

Marpaung, Y. 2001. Pendekatan Realistik dan Sani dalam Pembelajaran Matematika (makalah yang disampaikan pada seminar Pendekatan realistik dan sani dalam Pendidikan Matematika di Indonesia). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Marpaung, Y. 2001. Pendekatan Realistik dan Sani dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Marpaung, Y. 2006. Pembelajaran Matematika dengan Model PMRI. Yogyakarta: PPPG Matematika .

Marpaung, Y. 2009. Karakteristik Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Disampaikan Saat Diklat Enchancing Matemathics Learning In Primary School using Realistic Mathematic Education. Yogyakarta: SEAMEO Regional Center for QITEP in Mathematics.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats