MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MODEL PEMBELAJARAN MELALUI PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS

Johnny Ngangi

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Dimembe Kabupaten Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara pada semester II tahun pelajaran 2014/2015 dengan metode Penelitian Tindakan Sekolah. Subjek penelitian adalah guru SMP Negeri 1 Dimembe berjumlah 24 orang guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan Supervisi Klinis di SMP Negeri 1 Dimembe dalam meningkatkan kompetensi guru SMP Negeri 1 Dimembe dalam mengembangkan model pembelajaran dan mendeskripsikan peningkatan kompetensi guru SMP Negeri 1 Dimembe dalam mengembangkan model pembelajaran. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1)Perbaikan model pembelajaran pada  siklus I dengan rata– rata 2 dan pada siklus II mencapai 3. (2)Upaya mempertahankan langkah positif dalam model pembelajaran baru siklus I dengan rata–rata 2,5 dan pada siklus II mencapai 2,5. (3)Kontinuitas pelaksanaan model pembelajaran baru yang dikembangkan pada siklus I dengan rata–rata 2,5 dan pada siklus II mencapai 3. (4)Ketepatan model pembelajaran baru terhadap materi ajar pada siklus I dengan rata–rata 2,5 dan pada siklus II mencapai 2,5. (5)Keterukuran hasil pengembangan model pembelajaran baru berdasarkan indikator keberhasilan model pembelajaran pada siklus I dengan rata–rata 2,5 dan pada siklus II mencapai 3. Dan secara umum pada siklus I rata–rata 2,4 dan pada siklus II mencapai rata–rata 2,8. Sedangkan yang tetap atau tidak ada peningkatan dari siklus I ke siklus II, adalah: rata–rata upaya mempertahankan langkah positif dalam model pembelajaran dan rata–rata ketepatan model pembelajaran baru terhadap materi ajar, yaitu 2,5.

Keywords


Supervsi klinis dan peningkatan kompetensi guru

Full Text:

PDF

References


Huda, Miftahul. 2013. Model–Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Jihad dan Harris, 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogjakarta: Multi Presindo. Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Majid, Abdul. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mulyana, Aina. 2015. Pengertian dan Tujuan Supervisi Klinis. http://ainamulyana.blogspot.com /2015/05/pengertian-dantujuan-supervisi-klinis.html Mulyasa, E. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Namsa, M. Yunus. 2006. Kiprah Baru Profesi Guru Indonsia Wawasan Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Pustaka Mapan.

Peraturan Pemerintah RI Nomon 74 Tahun 2008 Tentang Guru. Pidarta, Made. 1992. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Sholeh, Asrorun Ni’am. 2006. Membangun Profesionalitas Guru Analisis Kronologis atas Lahirnya Undang-Undang Guru dan Dosen. Jakarta: eLSAS.

Sudrajat, Akhmad. 2011. Konsep Supervisi Akademik. https://www.google.co.id/amp/s /akhmadsudrajat.wordpress.com /2011/03/04 konsep-supervisiakademik/amp/

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Susanto, Hadi. 2013. Supervisi Klinis Oleh Kepala Sekolah. https://bagawanabiyasa.wordpr ess.com/2013/06/09/supervisi -klinis-oleh-kepala-sekolah/

Tilaar, H.A.R. 2002. Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto, 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Preanadamedia Grup.

Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Usman, Moh. Uzer. 2007. Menjadi Guru Prefesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats