PENGGUNAAN METODE DISKUSI YANG DIKEMBANGKAN DENGAN STRATEGI UKD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA
Abstract
Pembelajaran Seni Budaya memerlukan motivasi pada peserta didik karena disamping untuk menghasilkan karya yang bermutu tinggi harus juga ditunjang pemahaman terhadap konsep yang tengah dipelajari.. Oleh sebab itu dalam mempelajari konsep harus bervariasi agar dapat membantu peserta didik untuk memahami beberapa konsep yang sulit untuk dipahami jika hanya disampaikan secara lisan. Dengan menggunakan metode diskusi yang dikembangkan dengan strategi UKD akan lebih mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran dan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar. Oleh sebab itu guru perlu melakukan perubahan penggunaan metode diskusi, sehingga masalah-masalah yang dihadapi peserta didik dalam mempelajari kompetensi dasar memahami konsep dan prosedur pembuatan ragam hias pada bahan buatan dapat terungkap dan terpecahkan. Peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode diskusi yang dikembangkan dengan strategi UKD pada materi “Konsep dan Prosedur Pembuatan Ragam Hias pada Bahan Buatan”, dengan harapan peserta didik mampu mengungkapkan kesulitannya sendiri dalam mempelajari materi dan menemukan konsep yang benar, serta dapat meningkatkan prestasi pada kompetensi dasar tersebut. Penelitian dengan materi Konsep dan Prosedur Pembuatan Ragam Hias pada Bahan Buatan telah berjalan dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan guru mendapat nilai 77,93 (cukup sesuai) dan meningkat menjadi 80,48 (cukup sesuai). Perkembangan hasil belajar peserta didik melalui penilaian pretes-postes mengalami peningkatan, Jumlah peserta didik yang tuntas belajar sebanyak 18 orang dengan prosentase ketuntasan sebesar 56%, meningkat menjadi 26 orang dengan prosentase ketuntasan sebesar 81%.. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi yang dikembangkan dengan strategi UKD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Z. 2006. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SMP, SMA, SMK. Bandung: Yrama Widya.
Depdikbud. 1994. Didaktik / Metode Umum. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Ermalinda dan Paizaludin. 2013. Penelitan Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Panduan Teoritis dan Praktis. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta. Zaini, Hisyam., dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id