PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS XI AP2 SMK NEGERI 1 SINJAI MELALUI STRATEGI BELAJAR POLA BERGILIR

Sukmawati Sukmawati

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran, khususnya untuk dapat meningkatkan kemampuan siswa berkomunikasi menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi melalui penerapan strategi belajar pola bergilir dengan teknik diskusi kelompok dan pemeranan drama. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI.AP.2. SMK Negeri 1 Sinjai semester ganjil tahun pelajaran 2007/2008 berjumlah 33 orang, yang terdiri atas 14 laki-laki dan 19 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa berkomunikasi dengan menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi pada siklus I pertemuan ke–1 sebesar 18,10 persen berada pada kategori rendah; 36,40 persen berada pada kategori sedang; 36,40 persen berada pada kategori tinggi, dan 9,10 persen berada pada kategori sangat tinggi. Pada pertemuan ke–2 sebesar  9,10 persen berada pada kategori rendah; 48,50 persen berada pada kategori sedang; 30,30 persen berada pada kategori tinggi; dan 12,10 persen berada pada kategori sangat tinggi. Pada siklus II, yang berada pada kategori sedang mencapai 24,3 persen, pada kategori tinggi mencapai 42,4 persen, dan yang berada pada kategori sangat tinggi mencapai 33,3 persen.


Keywords


Strategi belajar pola bergilir dan kemampuan berbicara.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi., dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Johnson, Elaine.B. 2006. Contextual Teaching and Learning – Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Alih bahasa Ibnu Setiawan. Bandung: Mizan Learning Centre.

Sumiati dan Asra. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Suparno, Paul. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kasinius.

Tolla, Achmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar Bahasa dan sastra Indnesia. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Trianto, Ibnu Badar al–Tabany. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats