IMPLEMENTASI METODE SCIENCE LITERACY CIRCLES (SLC) PADA PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VIII

Toni Gigih Pradono Ali

Abstract


Pembelajaran sains perlu literasi sains terkait pendekatan saintifik, agar pengetahuan dan keterampilan siswa dapat diterapkan dari satu permasalahan ke permasalahan lain. Metode Science Literacy Circles (SLC) adalah pembelajaran sains dengan pembentukan kelompok kecil. Tiap anggota kelompok memiliki peran berbeda untuk memahami konsep melalui Jurnal Kesimpulan dalam Lembar Kerja SLC. Metode SLC memberi kesempatan siswa merevisi seluruh ide kelompok. Permasalahan penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah keterlaksanaan metode SLC pada pendekatan saintifik untuk meningkatkan literasi sains? (2) Apakah implementasi metode SLC pada pendekatan saintifik, dapat meningkatkan literasi sains? Penelitian ini menggunakan rancangan PTK dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C tahun pelajaran 2017-2018. Didapat temuan penelitian: (1) Keterlaksanaan implementasi metode SLC pada pendekatan saintifik siklus I mencapai 73% (cukup) dan siklus II mencapai 76% (baik). (2) Terjadi peningkatan rata-rata skor literasi sains dari siklus I (80) ke siklus II (81), ketuntasan klasikal meningkat dari siklus I 80% ke siklus II 83% meski belum mencapai indikator keberhasilan 85%.


Keywords


Science Literacy Circles, Saintifik, literasi sains

Full Text:

PDF

References


Aqidah. 2009. Penerapan Pendekatan Konstektual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis pada Siswa Kelas V SD Negeri Kesek I Kecamatan Labang Kabupaten Bangkalan. Laporan Penelitian. Program studi S1 PGSD Universitas Terbuka.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Jane, D & Teresa, L. 2010. Science Literacy Circles : Big Idea about Science. Journal of Adolescent & Adult Literacy, 47, 2, hlm.35-40.

Muhammad, Hasan. 2009. Peningkatan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Metode Diskusi tentang Cara Meringkas Isi Buku Pada Siswa Kelas V SDN Ba’engas 1 Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan. Laporan Penelitian. PGSD: Universitas Terbuka

O’Orouke, Rebecca. 1998. The Learning Journal: From Chaos to Coherence. Assesment and Evaluation in Higer Education. ProQouest Education Journal. Dec 1998. 24, 4 Pg. 403

Soewolo. 2007. Penerapan Siklus Belajar Sains Kooperatif untuk Meningkatkan Kerja Ilmiah dan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMPN 4 Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.

Susilo, Herawati. 2008. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayu Media Publisihing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats