IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SDN 3 TIGAWASA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

I Kadek Agus Sudiandika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan pendekatan kontekstual berbantuan LKS.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VI SDN 3 Tigawasa tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 orang. Tiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Pada siklus I membahas tentang ciri khusus pada hewan dan pada siklus II dibahas tentang ciri khusus pada tumbuhan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar IPA. Data yang didapatkan selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 80,27 dan pada siklus II 79,83. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I 96,67% dan pada siklus II 93,33%. Berdasarkan data tersebut implementasi pendekatan kontekstual berbantuan LKS dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.


Keywords


Pendekatan kontekstual berbantuan LKS dan hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Amri Sofan, Ahmadi lif Khoiru. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Bundu, Patta. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Haryanto. 2004. Sains Untuk SD Kelas V. Jakarta: Erlangga.

Kurniawati, Desy Arinda. 2013. “Upaya Meningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas IV SDN I Krajan Jatinom” (Jurnal Penelitian). Diakses di http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/4144/99/459, pada hari Minggu, 27 September 2015.

Muslich, Masnur. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Predana media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.