MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL–QUR’AN MELALUI PENERAPAN METODE DRILL
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1)untuk mengetahui penerapan metode drill dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi al–Qur’an di SD Negeri Pakistaji 2, (2)untuk mengetahui kemampuan siswa kelas V SD Negeri Pakistaji 2 dalam membaca al–Qur’an melalui penerapan metode drill. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 2017/2018 dengan subjek penelitian berjumlah 22 orang siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Hasil penelitian dari dari 22 siswa, diketahui nilai rata-rata kelasnya adalah 57,14 orang siswa; peserta didik yang tuntas berjumlah 6 orang atau 27,27% dan yang belum tuntas mencapai 16 orang siswa atau 72,73%. Pada siklus I siswa yang tuntas belajarnya hanya 14 orang siswa atau 63,6% dan yang belum tuntas ada 8 orang siswa atau 36%. Pada siklsu II siswa yang tuntas mencapai 21 orang siswa atau 95,4%, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 1 orang siswa atau 4,5%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsini. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zein, Aswan. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rieneka Cipta.
Ismail. 2009. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Paikem. Semarang: Rasail Media Group.
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.