MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE QUANTUM LEARNING TEKNIK MEMORI DENGAN PERMAINAN WHISPERING
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini didasari oleh rendahnya minat dan hasil belajar IPS siswa Kelas VII-6 di SMP Negeri 1 Kemang. Data penelitian dikumpulkan melalui angket minat belajar, hasil pengamatan (observasi), wawancara, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian memberikan kesimpulan: terjadi peningkatan hasil belajar setelah tindakan pada siklus kedua. Terdapat 31 orang peserta didik berhasil memperoleh nilai mencapai KKM sebesar 70, hanya enam orang peserta didik yang belum berhasil mencapai nilai KKM. Minat belajar juga mengalami peningkatan namun hanya berkategori cukup. Minat belajar peserta didik sedikit meningkat setelah mengikuti pembelajaran diantaranya terlihat dari keterlibatan peserta didik secara aktif selama proses pembelajaran. Proses pembelajaran IPS dengan menerapkan permainan whispering memiliki keunggulan untuk membantu daya ingat peserta didik dan meningkatkan kemampuan serta keterampilan guru dalam mengelola, mengorganisasikan, dan melaksanakan pembelajaran yang inovatif di kelas. Kendala-kendala yang ditemui dalam implementasi metode quantum learning dengan permainan whispering adalah membutuhkan alokasi waktu, keleluasaan tempat, dan keterampilan guru yang cukup agar dapat berjalan dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi & Abdul Jabar, Cepi Safruddin. 2010. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dalyono, M. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. 2001. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
De Porter, Bobbi & Hernacki, Mike. 2003. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Djaali. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Kristina, Elisabet Lilis Setyowati. 2010. Penerapan Metode Pembelajaran Quantum Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi/Akuntansi Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret.
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 1992. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyanto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pressindo.
Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Suyono & Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syah, Muhibin. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id