MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DENGAN METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN KEWARGANEGARAAN
Abstract
Rendahnya hasil belajar mata pelajaran kewarganegaraan kemungkinan diakibatkan karena kurangnya kemampuan penguasaan konsep Kewarganegaraan di SMK Negeri 1 Panji Kabupaten Situbondo. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah Metode Mind Mapping berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa Kelas XII APK-2 di SMK Negeri 1 Panji Kabupaten Situbondo?. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan Metode Mind Mapping dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Kewarganegaraan perkembangan kehidupan pers di indonesia. Berdasarkan data dan analisisnya maka ada peningkatan yang bermakna dalam pretasi belajar mata pelajaran Kewarganegaraan pada Siklus 2 jika mendapat Metode Mind Mapping. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata kelas siklus I sebesar 6.5 menjadi 77.6 pada siklus II.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Zainal. 1989. Evaluasi Instruksional. Jakarta: Gramedia.
Arikunto, Suharsini. 1988. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bina Aksara.
Nasution, S. 2011. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bina Aksara.
Poewodarminto, W.J.S. 2003. Kamus Umum Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mernpengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Tabrani, Rusyan A., dkk. 1994. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Remaja Rokarya.
Winke1.1989. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id