IMPLEMENTASI POLA PBMP DENGAN ANALISIS KRITIS LITERATUR DAN UMPAN BALIK TERHADAP JURNAL BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN LITERASI IPA

Toni Gigih Pradono Ali

Abstract


Kelengkapan buku dari pemerintah maupun penerbit, ditunjang taraf psikologi siswa mampu belajar secara abstraksi, merupakan peluang belajar melalui analisis kritis literatur. Belajar melalui lembar kerja berdasar pola PBMP dengan analisis kritis literatur tidak mudah bagi siswa, maka perlu jurnal belajar. Penelitian ini bertujuan: (1)mendiskripsikan keterlaksanaan pembelajaran IPA menggunakan pola PBMP dengan analisis kritis literatur dan umpan balik terhadap jurnal belajar pada pendekatan saintifik? (2)meningkatkan literasi IPA melalui lembar kerja pola PBMP dengan analisis kritis literatur dan umpan balik terhadap jurnal belajar. Penelitian kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas dalam tiga siklus pada KD: 3.9 Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi dari makanan, transformasi energi, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis. Subjek penelitian kelas VII.7 SMPN 3 Probolinggo tahun pelajaran 2018-2019. Disimpulkan: (1)Keterlaksanaan pembelajaran IPA menggunakan pola PBMP dengan analisis kritis literatur dan umpan balik terhadap jurnal belajar, pada siklus I 69% (kategori cukup terlaksana), siklus II 74% (cukup), dan siklus III 74% (cukup) (2)Implementasi pembelajaran IPA menggunakan pola PBMP dengan analisis kritis literatur dan umpan balik terhadap jurnal belajar dapat meningkatkan literasi IPA. Rata-rata kemampuan literasi IPA siklus I:73, siklus II:76, dan siklus III:75, walau ketuntasan klasikal belum mencapai 85%.

 

 


Keywords


PBMP, analisis kritis, jurnal belajar, literasi IPA

Full Text:

PDF

References


Ali, Toni Gigih Pradono. 2011. Implementasi Kegiatan Praktikum Menggunakan Perangkat Pola PBMP dan Umpan Balik terhadap Jurnal Belajar IPA untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII A SMP Negeri 5 Probolinggo.PTK tidak diterbitkan. Probolinggo: SMPN 5 Probolinggo

Arends, R.I. 2008. Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar). Alih Bahasa: Helly Prajitno Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Dahar, R.W. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Hamdi, W., dkk. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif. Malang: Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran UM.

Ibrahim, Muslimin. 2002. Assessmen Alternatif. Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.

Jatmiko, Budi. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Unesa.

Marsaja. 2008. Mendidik dengan Strategi Inkuiri, (Online) (http://marsaja.wordpress.com/2009/05/25/mendidik-dengan-strategi-inkuiri, diakses 25 Mei 2010).

O’Orouke, Rebecca. 1998. The Learning Journal: From Chaos to Coherence. Assesment and Evaluation in Higer Education. ProQouest Education Journal. Dec 1998. 24, 4 Pg. 403.

Susanto, Pudyo. 2002. Ketrampilan Dasar Mengajar IPA Berbasis Kontruktivisme. Malang: Jurusan Biologi FPMIPA UM.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Uno, H.B. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Zubaidah, S. 2007. Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan. Malang: Jurusan Biologi FPMIPA Universitas Negeri Malang.

Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.