MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SIMBOL VISUAL PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus terhadap 5 orang siswa tunagrahita ringan kelas D4-C di SLB-C Negeri Pembina Provinsi Kalimantan Selatan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi untuk menentukan perbaikan perencanaan langkah berikutnya. Data penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui pengamatan atau observasi sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan kegiatan guru dan siswa mengalami peningkatan dengan skor perolehan pada siklus I kategori baik dan pada siklus II kategori baik sekali, hal ini terjadi karena guru dan siswa telah mengadakan perubahan pola belajar dan mengajar sesuai dengan hasil refleksi pada siklus I. Sehingga memberikan dampak yang signifikan pada peningkatan hasil evaluasi belajar siswa. Pada saat pre tes nilai rata-rata siswa 5,2 dengan 20 % siswa memperoleh nilai 7. Setelah siswa memperoleh pembelajaran menyusun kalimat sederhana dengan menggunakan media simbol visual kemampuan siswa meningkat, nilai rata-rata menjadi 6,5 dengan 60 % siswa mendapatkan nilai 7. Namun hal ini masih berada dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 80% siswa mendapatkan nilai 7. Penelitian dilanjutkan pada siklus II, dengan mempertimbangan hasil refleksi pada siklus I guru mengadakan berbagai perubahan dalam menerapkan perencanaan dan strategi mengajar dikelas, sehingga pada akhir siklus II hasil evaluasi belajar siswa mengalami peningkatan dengan perolehan nilai 80 % siswa mendapatkan nilai rata-rata 7,6. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media simbol visual dapat meningkatkan kemampuan menyusun kalimat sederhana bagi siswa tunagrahita ringan kelas D4-C di SLB - C Negeri Pembina Provinsi Kalimantan Selatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Angkasa
BNSP. 2006. Panduan KTSP SDLB-C. Jakarta: Depdiknas
Iskandar.2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press
Kasbolah E.S, Kasihani. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud
Mumpuniarti. 2007. Pendekatan Pembelajaran Bagi Anak Hambatan Mental. Yogyakarta: Karwa Publisher.
Sanyoto. 2000. Penanganan Anak Tunagrahita. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan PLB,FIP,UNY.
Soemanto, Sanyoto, Wasty. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Bina Aksara.
Tim Dosen MKDK UPI Bandung. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Tidak dipublikasikan.
Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional.
Wardani, Igak., dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.