MENINGKATKAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALISME DAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI
Abstract
Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas kepala sekolah dalam upaya meningkatkan profesionalisme dan kinerja guru, staf dan karyawan di SMP Negeri 5 Pangkalan Banteng Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun Pembelajaran 2018/2019. Hasil yang diperoleh dalam penelitian tindakan sekolah ini adalah meningkatnya Profesionalisme dan Kinerja Guru yang dapat meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di dalam kelas sehingga hasil prestasi yang diperoleh oleh siswa dapat bersaing baik ditingkat kabupaten, nasional dan diharapkan dapat bersaing secara internasional dengan menyambut datangnya MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) yang dicanangkan di tahun 2020 di pasaran bebas di negara kita yang tercinta yaitu Indonesia. Kesimpulannya adalah Terwujudnya Hasil Prestasi Belajar Siswa baik secara Akademik maupun secara non Akademik di SMP Negeri 5 Pangkalan Banteng Kabupaten Kotawaringin Barat yang membanggakan dengan hasil Nilai Evaluasi Murni pada tahun pembelajaran 2017/2018 mendapatkan Posisi Rangking I di Kabupaten Kotawaringin Barat dan Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, selain prestasi akademik, prestasi non akademik juga cukup banyak sekali yang diraih oleh SMP Negeri 5 Pangkalan Banteng Kabupaten Kotawaringin Barat. Maka Penelitian Tindakan Sekolah ini dapat dipakai sebagai acuan dalam meningkatkan kinerja Guru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daryono dan Rachmawati, Tutik. 2015. Supervisi Pembelajaran. Yogjakarta: Gava Media.
Harahap, Baharuddin, 1983. Supervisi Pendidikan yang Dilaksanakan oleh guru, Kepala Sekolah, Penilik dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Damai Jaya.
Kemdikbud. 2017. Panduan Kerja Kepala Sekolah.
Mantja, W. 2007. Profesionalisme Tenaga Kependidikan: Manajemen Pendidkan dan Supervisi Pendidikan. Malang: Elang Mas.
Mulyasa, E. 2009. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nugroho. 2010. Peningkatan Kinerja dalam Organisasi. Jakarta: .
Pembangunan Sumber Daya Manusia Skala Kecil, Menengah dan Besar.
Pidarta, Made. 1992. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Pratiwi, Emi. 2009. Peningkatan Sumber Daya Manusia, Jakarta.
Purwanto, Ngalim. 2009. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rohiat.2010. Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik. Bandung: Refika Aditama.
Tilaar, H.A.R. 2002. Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.
Usman, Moh. Uzer. 2007. Menjadi Guru Prefesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wiyono, Sri. dan Sony, Tri Bangun L. 2005. Pedoman Umum Pengembangan dan
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id