MENINGKATKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS KEMBALI CERITERA RAKYAT SISWA KELAS V SDN INPRES 6/84 KAKENTURAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING

Merlin Maria Wulur

Abstract


Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk mengungkapkan hasil belajar siswa melalui penggunaan Model Pembelajaran Role Playing dalam Menulis Kembali Ceritera Rakyat siswa di Kelas V SDN Inpres 6/84 Kakenturan, Bitung, Manado. Subjek penelitian berjumlah 32 orang siswa. Hasil penelitian menunujukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Rata-rata siswa yang mau mendengarkan percakapan temannya sebesar 5,56%. Rata–rata siswa yang dapat membaca tek ceritera ada peningkatan sebesar 35,19%. Rata–rata siswa yang dapat berceritera sebesar 22,22%. Rata–rata siswa yang dapat menulis kembali ceritera rakyat ada peningkatan sebesar 37,04%. Siswa yang belajarnya tuntas dari 32 siswa, sebanyak 22 siswa.

 

 


Keywords


Hasil belajar dan model pembelajaran role playing.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar–Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Cetakan ke-3.

Djamarah, B.S. dan Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul.2013. Model–Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogjakarta; Pustaka pelajar.

Intang. 2013. Model Pembelajaran Role Playing. http:// pendidikanuntukindonesiaku. blogspot. com / 2013 / 11/model-pembelajaran-role-playing-bermain.html

Purwaningsih, Juli. 2015. Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Gemar Membaca Pada Peserta Didik Taman Kanak Kanak. Jurnal Ilmiah Pro Guru Volume 1 Nomor 1, Februari 2015, ISSN: 2442–2525.

Sahrudin, Sriudin. 2012. Model Pembelajaran Role Playing dan Langkah-Langkahnya. http://s1pgsd.blogspot.com/2012/11/model-pembelajaran-role-playing.html

Somadayo, S. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudjana, N. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Widiastuti, Wika. 2012. Keefektifan Penerapan Teknik Role Playing Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Kelas IV SDN Tegal Panggung. Skripsi S-1 PGSD Universitas Negeri Yogjakarta: Tidak diterbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.