KUALITAS BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INDONESIA “EKSPRESI DIRI DAN AKADEMIK” KELAS XI SMA/MA/SMK/MAK DAN RELEVANSINYA DENGAN LITERASI MEMBACA HASIL PISA 2015

Umi Nurhidayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil penerapan buku teks EDA kelas XI terbitan Kemendikbud dari aspek (1)kualitas isi, (2)kualitas penyajian, (3)kualitas bahasa, dan (4)relevansi dengan literasi membaca beracuan hasil PISA 2015. Buku  teks adalah acuan wajib yang digunakan  pada satuan pendidikan dasar dan menengah yang memuat materi pelajaran. Hasil penelitian ini adalah penerapan kualitas isi buku teks EDA yang diukur dari aspek kesesuaian dengan silabus KI-KD, penerapan kesesuaian isi yang berfokus pada keakuratan materi, aspek  pendukung materi pembelajaran yang mengacu  pada kesesuaian dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan aspek pendukung materi pembelajaran yang berfokus pada kesesuaian contoh memiliki kriteria baik sekali. Kualitas penyajian buku teks EDA kelas XI memiliki kriteria baik pada pelajaran 1 sedangkan pelajaran 2 s.d. pelajaran 5 memiliki kualitas penyajian dengan kriteria baik sekali. Kualitas bahasa pada buku teks EDA kelas XI dengan aspek kesesuaian tingkat perkembangan intelektual peserta didik, komunikatif, serta keruntutan dan kesatuan gagasan memiliki kriteria baik pada semua pelajaran. Adapun keterbacaan buku teks dengan hasil analisis tes cloze pada teks cerpen dan teks eksplanasi kompleks berkategori sedang dan pada teks biografi memiliki kategori mudah, serta ulasan film memiliki kategori sulit. Kisi penilaian literasi membaca beracuan hasil PISA 2015 dalam buku teks EDAkelas XI dengan spesifikasi penugasan yang memiliki persentase paling besar adalah level 1a yakni mengacu pada  penilaian menentukan satu atau lebih informasi yang disebutkan secara eksplisit.

 

 


Keywords


Buku teks pelajaran, literasi membaca, hasil PISA 2015

Full Text:

PDF

References


Brown, Dauglas H. 2007. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Edisi kelima. Terjemahan. Jakarta: Pearson Education.Inc.

Chiappetta El & DA Filman. 2007. Analysis of Five High School Biology Textbooks Used in The United States For Inclusion Themes Covered in Zambian High School Biology Curriculum. International Journal of Environment & science Education 3 (4): 207-220.

Hammond et al., 1992. Engish for Specific Purposes : A Handbook for Teachers of Adult Literacy. Sydney: NCELTR.

Kemendikbud. 2014. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik unttuk SMA/SMK Kelas XI Semester Gasal. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

___________. 2014. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik untuk SMA/MAK Kelas XI Semester Genap. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kern, R. 2000. Literacy and Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.

Richard, Jack C. 2002. Metodology in Language Teaching. Cambridge.University Press.

Tomlinson, Brian. 2008. English Language Learning Materials: A Critial R Review. London:Continum Books.

[BSNP] BadanStandar Nasional Pendidikan. 2014. Instrumen Penilaian Tahap II Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.

[OECD] Organisation for Economic Cooperation and Development. 2010. PISA 2009 Result: Executive Summary. Paris: Andre-Pasca. On line at http://www.oecd.org/PISA/pisa products/46619703.

[OECD] Organisation for Economic Cooperation and Development. Volume I, Excellence and Equity in Education, summarises student performance in PISA 2015, and examines inclusiveness and fairness in participating education systems, http://dx.doi.org/10.1787/9789264266490-en.

[OECD] Organisation for Economic Cooperation and Development Volume V, Collaborative Problem Solving, examines students’ ability to work with two or more people to try to solve a problem, http://dx.doi.org/10.1787/9789264285521-en.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.