UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU BAHASA INDONESIA DALAM MENYUSUN SOAL HOTS MELALUI WORKSHOP
Abstract
Guru merupakan faktor dominan dalam keberhasian proses pembelajaran. Karena itu, perlu ditingkatkan kemampuannya dalam mengelola kegiatan pembelajaran termasuk penilaiannya. Penilaian yang diharapkan menurut Kurikulum 2013, yaitu penilaian yang menggunakan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS), soal yang menuntut kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kemampuan memecahkan masalah. Alasan penelitian ini dilakukan karena dari hasil monitoring pengawas masih banyak guru dalam membuat soal belum memperhatikan kriteria soal yang HOTS. Penelitian ini melakukan analisis kemampuan peningkatan guru bahasa Indonesia SMK dalam menyusun soal HOTS pada Ujian Akhir Sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik non-tes berupa telaah soal dan Focus Group Discussion. Sumber data penelitian ini yaitu penulis sendiri dan guru bahasa Indonesia binaannya. Penelitian bertujuan untuk membimbing guru dalam meningkatkan kemampuannya menyusun soal HOTS dan kendala yang dialaminya dalam menyusun soal HOTS. Kegiatan ini dilakukan dalam workshop melalui diskusi, latihan dan presentasi tentang soal HOTS, yang dilaksanakan tiga hari. Hasil kegiatannya menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam membuat soal HOTS cukup berhasil (88,57%) yang mengusai materi. Kendala kegiatan ini waktu terlalu singkat, sehingga instruktur dalam memberikan materi dan mendampinginya kurang maksimal dan peserta masih kurang menerapkan pembelajaran tingkat kemampuan berpikir kritis siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy For Learning, Teaching, And Assesing: A Revision Of Bloom’s Taxonomy of Education Objective. New York: Addison Wesley Logman.Inc.
Devi, P. K (13 Mei 2012). Pengembangan Soal “Higher Order Thinking Skill” dalam Pembelajaran IPA SMP/MTs. Diambil tanggal 23 Juni 2013, dari http:// p4t-kipaa.nnet/datajurnal/HOTs.Poppy.pdf.
Gufron A Ibrahim. 2017. PISA dan daya baca bangsa. Kompas.com.
Gunawan, A. W. (2003). Genius Learning Strategy: Petujuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Ibrahim. (Desember 2011). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Sekolah Berbasis Masalah Terbuka untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa, Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematikka dan Pendidikan Matematika, di Universitas Negeri Yogjakarta
Mardapi, Djemari. 2012. Pengukuran, Penilaian, Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Marsh, Colin. 1996. Handbook for Beginning Teachers. Sydney: Addison Wesley Longman Australia Pry Limited.
Mulyasa, E. 2012. Penelitian Tindakan Sekolah. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Widana,I,Wayan 2017. Modul Penyusunan Soal Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jakarta:Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id