PEMANFAATAN MEDIA TTSS (TEKA TEKI SILANG SISWA) DALAM DESIMINASI PEMBELAJARAN IPA SMP DI MASA PANDEMI COVID-19

Agustin Mardiati

Abstract


Media berupa TTS yang dibuat sendiri oleh siswa dipilih sebagai salah  satu cara yang efektif dalam menyampaikan materi pembelajaran dalam bentuk permainan. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah pengembangan dan hasil aplikasi media TTSS (Teka Teki Silang Siswa) dalam  pembelajaran IPA dipadu pembelajaran penemuan terbimbing pada motivasi, pemahaman konsep, dan kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik. Pengembangan karya inovasi TTSS (Teka Teki Silang Siswa) dalam  pembelajaran IPA dengan pembelajaran penemuan terbimbing dirancang dengan langkah-langkah antara lain 1) mengidentifikasi materi pembelajaran, 2) menyusun RPP Daring, 3) menyusun skenario pembelajaran dan mengaplikasikan di dalam kelas daring dengan menggunakan pembelajaran penemuan terbimbing, 4) melaksanakan pembelajaran secara daring dengan memanfaatkan media TTSS (Teka Teki Silang Siswa), dan 5) mereview hasil. Hasil aplikasi pengembangan media TTSS dalam pembelajaran diperoleh dari hasil angket respon peserta didik sebanyak 28 orang dan angket desiminasi kepada guru mata pelajaran sebanyak 12 orang. Pemanfaatan  media TTSS yang dikembangkan berjalan dengan efektif dalam pembelajaran di kelas daring. Hasil respon meliputi motivasi, pemahaman konsep, dan kemampuan berpikir kritis dan inovatif peserta didik secara sederhana menunjukkan nilai yang signifikan baik dan bahkan sangat baik.  Sedangkan Berdasarkan angket desiminasi yang meliputi komponen kelayakan isi, dan pemanfaatan media diperoleh sebagian besar responden memberikan penilaian sangat baik. Sehingga secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media ini sangat baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Saran-saran yang dapat diberikan adalah penelitian ini perlu dilanjutkan pada penelitian tindakan kelas dan dikembangkan pada materi IPA yang lainnya.

 

Kata Kunci: TTSS (Teka Teki Silang Siswa), penemuan terbimbing

 

Abstract: The media in the form of TTS that were made by students was chosen as an effective way of delivering learning material in the form of games. The objectives to be achieved in this research are the development and results of the application of TTSS (Students 'Crossword Puzzle) media in science learning combined with guided discovery learning on motivation, conceptual understanding, and students' critical and creative thinking skills. The development of TTSS innovation work (Teka Teki Cross Students) in science learning with guided discovery learning is designed with steps including 1) identifying learning materials, 2) compiling online lesson plans, 3) compiling learning scenarios and applying them in online classrooms using learning guided discovery, 4) implementing online learning by utilizing the TTSS media (Student Cross Puzzle), and 5) reviewing the results. The results of the TTSS media development application in learning were obtained from the results of the student response questionnaire as many as 28 people and a dissemination questionnaire to 12 subject teachers. The use of the TTSS media developed runs effectively in online classroom learning. The results of the response include motivation, conceptual understanding, and students' critical and innovative thinking skills simply show significant values both and even very well. Meanwhile, based on the dissemination questionnaire which includes the content feasibility component and the use of the media, it was found that most of the respondents gave a very good assessment. So that overall it can be concluded that this media is very good and suitable for use in classroom learning. Suggestions that can be given are that this research needs to be continued in classroom action research and developed on other science materials.

 

Keywords: TTSS (Teka Teki Cross Students), Guided Discovery.

Keywords


TTSS (Teka Teki Silang Siswa), penemuan terbimbing

Full Text:

PDF

References


Dong Y, Mo X, Hu Y, et al. (2020). Epidemiology of Covid-19 Among Children in China. American Academy of Pediatrics, DOI: 10.1542/peds.2020-0702

Herdian. (2011). Metode Pembelajaran Discovery (Penemuan), (Online). (http://www.herdy.wordpress.com), diakses 25 September 2019

Hermawan,Hendrik. (2017). Guided Inquiry Based Learning Menggunakan Interaktive Smart Board Games Simulation Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Materi Rangka Manusia.Naskah lomba INOBEL (online), (www.scribd.com) diakses 7 September 2020

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Ren L-L, Wang Y-M, Wu Z-Q, Xiang Z-C, Guo L, Xu T, et al. (2020). Identification of a novel coronavirus causing severe pneumonia in human: a descriptive study. Chin Med J. 2020; published online February 11. DOI: 10.1097/CM9.0000000000000722.

Susilo A, Rumende, C. M, Pitoyo, C.W. (2020). Coronavirus Disease 2019: Review of Current Literatures. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia. 7(1), 45-64.

Yuliati, Lia. (2008). Model-model Pembelajaran Fisika Teori dan Praktik. Malang. Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran UM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.