PENINGKATAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR BAGI GURU SMK NEGERI 1 SINDUE TOBATA MELALUI SUPERVISI KLINIS
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sindue Tobata yang beralamat di Jalan Trans Palu-Sabang Km. 73, Desa Alindau, Kecamatan Sindue Tobata Kabupaten Donggala selama 4 (empat) bulan, dari bulan Januari 2017 s.d. April 2017. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research) dalam dua putaran atau dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 6 (enam) guru di SMK Negeri 1 Sindue Tobata Kecamatan Sindue Tobata, Kabupaten Donggala pada semester 2 tahun pelajaran 2016/2017. Hasil analisis data pada kondisi awal menunjukkan bahwa keterampilan dasar mengajar guru pada kondisi awal menunjukkan hasil yang kurang memuaskan, dimana dari 6 guru hanya terdapat 2 guru atau 33,33% dalam kriteria cukup dan 4 guru atau 66,67% dalam kriteria kurang dengan rata-rata hasil penilaian sebesar 48,81 dengan kriteria kurang, pada siklus I terdapat 3 guru atau 50% yang mendapat kriteria baik dan 3 guru atau 50% dalam kriteria cukup dengan rata-rata mencapai angka 73,81. Pada siklus kedua terdapat 6 guru atau 100% yang mendapat kriteria baik dengan perolehan nilai rata-rata mencapai angka 90,48 dalam kriteria baik.
Kata Kunci: Keterampilan dasar mengajar dan supervis klinis.
IMPROVEMENT OF BASIC TEACHING SKILLS FOR TEACHERS OF VOCATIONAL SCHOOL 1 SINDUE TOBATA THROUGH CLINICAL SUPERVISION
Abstract: This research was conducted at SMK Negeri 1 Sindue Tobata which is located at Jalan Trans Palu-Sabang Km. 73, Alindau Village, Sindue Tobata Subdistrict Donggala Regency for 4 (four) months, from January 2017 s.d. April 2017. The method used is School Action Research in two cycles or two cycles. The research subjects were 6 (six) teachers at SMK Negeri 1 Sindue Tobata, Sindue Tobata District, Donggala Regency in the second semester of the 2016/2017 academic year. The results of data analysis in the initial conditions show that the basic teaching skills of teachers in the initial conditions show unsatisfactory results, where out of 6 teachers there are only 2 teachers or 33.33% in sufficient criteria and 4 teachers or 66.67% in less than average criteria. -The average assessment result is 48.81 with poor criteria, in the first cycle there are 3 teachers or 50% who get good criteria and 3 teachers or 50% in sufficient criteria with an average of 73.81. In the second cycle, there were 6 teachers or 100% who got good criteria with an average score of 90.48 in good criteria.
Keywords: Basic teaching skills and clinical supervision.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Allen. D., Ryan. K. (1987). Microteaching. Massachusetts: Addison-Wesley. Publishing Company.
Martilona, Idaraya. (2016). SupervisiKlinis. http://martilonaidaraya.blogspot.com/2016/03/a.html
Mukhtar dan Iskandar. (2009). Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.
Mulyasa. (2010). Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung Rosda. Cetakankesembilan.
Munardi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran: Sebuah PendekatanBaru. Jakarta: Gaung Persada Press.
Pidarta, Made. (2009). Supervisi Pendidikan Konstektual. Jakarta: Rineka Cipta . . ....
Purwanto, Ngalim. (2004). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Riyanto, Yatim. (2010). Metodologi Penenlitian Pendidikan. Surabya: SIC.
Sagala, Syaiful. (2010). Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sahertian, P.A. (2000). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber DayaManusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Siregar, Eveline dan Nara, Hartini. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia.
Sudrajat, Akhmad. (2008). Supervisi Klinis. https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/03/01/supervisi-klinis/
Sukardi. (2010). MetodologiPenelitian Pendidikan. Jakarta: BumiAksara. Susanto, Ahmad, 2013. TeoriBelajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id