PENINGKATAN MUTU MENGAJAR GURU PRODUKTIF MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KETUA PROGRAM KEAHLIAN
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Kota Probolinggo tahun 2019 menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaanl sistem pendelegasian supervisi akademik dari kepala sekolah kepada ketua program keahlian di SMK Negeri 2 Kota Probolinggo. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, ketua program keahlian, dan tenaga pendidik di SMK Negeri 2 Kota Probolinggo. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1)Sistem pendelegasian supervisi akademik dari kepala sekolah kepada ketua program keahlian di SMK Negeri 2 Probolinggo dapat terlaksana sesuai dengan program supervisi yang telah disusun kepala sekolah. 2)Mutu mengajar guru produktif di SMK Negeri 2 Kota Probolinggo mengalami peningkatan, baik dari segi administrative maupun pelaksanaan proses pembelajaran. 3)Faktor pendukung keterlaksanaan supervisi akademik kepala SMK Negeri 2 Kota Probolinggo adalah profesionalitas kepala sekolah yang tinggi, kompetensi ketua program keahlian dalam mengemban tugas sebagai supervisor yang mumpuni, dan guru produktif siap untuk disupervisi.
Kata Kunci: Mutu mengajar guru produktif; ketua program keahlian; pendelegasian supervisi akademik.
IMPROVING THE QUALITY OF TEACHING PRODUCTIVE TEACHERS THROUGH
ACADEMIC SUPERVISION CHAIRMAN OF EXPERTISE PROGRAMS
Abstract: This study aims to determine: 1)The system of delegating academic supervision from the principal to the head of the expertise program at SMKN 2 Kota Probolinggo, 2)Description of the academic supervision carried out by the head of the expertise program to the (productive) skill program teacher at SMKN 2 Kota Probolinggo, 3)Description of the teaching quality of productive teachers at SMKN 2 Kota Probolinggo, 4)The effectiveness of the academic supervision of the head of the expertise program in improving the teaching quality of productive teachers, 5)Supporting and inhibiting factors for achieving improvement in the quality of learning. This study used descriptive qualitative method. The research was conducted Probolinggo, the principal has compiled an academic supervision program plan, requested a report from the Head of the Program, and followed up on the results of the supervision as appropriate. 3)The teaching quality of productive teachers at SMKN 2 Probolinggo has improved both in terms of administration and process. 4)The factors that support the implementation of the academic supervision of the principal of SMKN 2 Probolinggo are the high professionalism of the principal, and the competence of supervisors (through the Head of Study Program) , teachers who on average are ready to be supervised, especially productive teachers.
Keywords: Teaching Quality for Productive Teachers, Academic Supervision
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abiddin, Norhasni Zainal, dkk. (2011). Effective Supervisory Approach in Enhancing Postgraduate Research Studies. International Journal of Humanities and Social Science.Vol 1 No. 2, Februari 2011.
Daryanto. (2011). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa, E. (2004). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nawawi, H. Hadari. (1993). Metode Penelitian Deskriptif. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Priansa, Donni Juni. (2014). Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.
Pribadi, Farhan. (2018). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 7 Bandar Lampung. Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suhardan, Dadang. (2014). Supervisi Profesional. Bandung: Alfabeta.
Supardi. (2016). Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sutisna. (1983). Administrasi Pendidikan Dasar Teori untuk Profesional. Bandung: Angkasa.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id