PENERAPAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF TATA KECANTIKAN RAMBUT
Abstract
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 2 siklus. Lokasi pelaksanakannya di SMK Negeri 3 Manado pada tahun pelajaran 2020/2021 pada semester ganjil. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI Tata Kecantikan 2 SMK Negeri 3 Manado berjumlah 27 orang siswa. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan metode Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran Produktif Tata Kecantikan Rambut. Hipotesis tindakannya adalah “Melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa SMK Negeri 3 Manado kelas XI Tata Kecantikan 2 pada tahun pelajaran 2020/2021 semester I”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang tuntas ada peningkatan sebesar 25%, yaitu pada siklus I sebesar 62,5% dan siklus II menjadi 87,5%.
Kata Kunci: Metode Student Team Achievement Division, aktivitas belajar.
APPLICATION OF THE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) METHOD
TO IMPROVE STUDENT LEARNING ACTIVITIES ON HAIR BEAUTY PRODUCTIVE LESSONS
Abstract: The method that is used in this study is a 2-cycle Classroom Action Research (CAR). The location of the implementation is at SMK Negeri 3 Manado in the 2020/2021 school year in the odd semester. The subjects in this study were 27 students of Class XI Beauty 2 SMK Negeri 3 Manado. The research objective is to increase student learning activities through the application of the Student Team Achievement Division (STAD) method in Productive Hair Beauty subjects. The action hypothesis is "Through the application of the cooperative learning method type STAD can increase the learning activities of students of SMK Negeri 3 Manado class XI Beauty 2 in the academic year 2020/2021 semester I". The results showed that students who completed there was an increase of 25%, namely in the first cycle of 62.5% and the second cycle to 87.5%.
Keywords: Student Team Achievement Division method, learning activities.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. dan Bintoro, Totok. (2000). Memahami Dan Menangani Siswa Dengan Problema Dalam Belajar: Pedoman Guru. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu SLTP, Direktorat Pendidikan Menengah Umum. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
Ahmadi, Abu dan Supriyono, Widodo. (1991). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudarmanto. (2018). Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Penelitian Tindakan Kelas. Cetakan– 4. Yogjakarata: Sunrise.
Supardi dan Suhardjono. (2011). Strategi Mdnyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogjakarta: Andi Offset.
Surakhmad, Winarno. (1980). Metodologi Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars.
Surya, Moh. (1997). Psikologi Pemmbelajaran danPengajaran. Bandung: PPB–IKIP Bandung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id