MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MENELAAH INTERAKSI ANTAR NEGARA-NEGARA ASEAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DL (DISCOVERY LEARNING)

Ujiwarsi Ujiwarsi

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini memiliki tujuan untuk menumbuhkan tingkat partisipasi peserta didik dan hasil belajar dalam menelaah Interaksi Antarnegara-negara ASEAN dengan menggunakan model pembelajaran DL (Discovery Learning) pada siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 9 Probolinggo tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan menguraikan analisis data verbal untuk menggambarkan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil dari tindakan pada rencana siklus dengan tujuan untuk menelaah Interaksi Antarnegara-negara ASEAN melalui penerapan model DL (Discovery Learning). Maka aktivitas belajar menelaah Interaksi Antarnegara-negara ASEAN melalui model pembelajaran DL (Discovery Learning) pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 9 Probolinggo tahun pelajaran 2018/2019 telah mendapatkan kenaikan pada kediatan pembelajaran siswa dan guru. Hal tersebut sesuai dengan pendapat Sardiman (2004:96) bahwa, “aktivitas belajar peserta didik dapat menunjang keberhasilan belajar.” Adanya peningkatan aktivitas belajar juga sesuai dengan yang disampaikan Dimyati dan Mudjiono (1999:7) yakni, “tindakan dan perilaku siswa yang kompleks serta menunjang keberhasilan belajar.” Hasil belajar pada penugasan pada siklus I ke Siklus II mengalami peningkatan sebesar 24,40%. Sedangkan pada tes akhir tidak mengalami peningkatan karena pada siklus I telah mencapai 100% peserta didik yang mencapai KKM.

 Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar, Discovery Learning (DL), Interaksi Antar Negara-Negara ASEAN

 

Abstract: The purpose of this classroom action research is to increase activity and learning outcomes in examining the Interaction between ASEAN countries through the DL (Discovery Learning) learning model for Class VIIIA students of SMP Negeri 9 Probolinggo in the 2018/2019 academic year. This research was conducted using a qualitative approach because data analysis will be described verbally which describes the planning, implementation, and results of action in the cycle plan which aims to examine the Interaction between ASEAN countries with the application of the DL (Discovery Learning) model. then learning activities examining the Interaction between ASEAN countries through the DL (Discovery Learning) learning model in class VIIIA students of SMP Negeri 9 Probolinggo in the 2018/2019 academic year have experienced an increase in the learning activities of students and teachers. According to Sardiman (2004: 96) that the learning activities of students can support learning success. An increase in learning activities is also in accordance with what Dimyati and Mudjiono (1999: 7) say, namely the actions and behavior of students who are complex and support learning success. Learning outcomes in the assignment in cycle I to cycle II have increased by 24.40%. Whereas in the final test there was no improvement because in the first cycle it had reached 100% of students who reached the KKM.

 

Keywords: Activities and Learning Outcomes, Discovery Learning (DL), Interaction between ASEAN Countries


Keywords


Aktivitas dan Hasil Belajar, Discovery Learning (DL), Interaksi Antar Negara-Negara ASEAN

Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Iwan Setiawan. (2017). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. IPS Kelas VIII/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria Dearcin University Press.

Dahar, R.W. (1989). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Rochman Natawidjaya dan H.A. Moein Moesa: (1992). Psikologi Pendidikan. Jakarta Depdikbud Dirjen Dikti.Persada: Jakarta.

Sardiman. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakrta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2017). Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Winataputra , Udin S, (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats