PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KEMAMPUAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI 2 PROBOLINGGO

Hakam Basori

Abstract


Tujuan dari ienelitian explanatory survey dengan pendekatan kuantitatif ini adalah untuk mendiskripsikan pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah, kemampuan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA Negeri 2 Probolinggo tahun 2019 baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA Negeri 2 Probolinggo  yang berjumlah 44 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode sensus sampling. Sedangkan kuisioner dengan skala Likert. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: mean gaya kepemimpinan kepala sekolah sebesar 3,950; mean kemampuan supervisi kepala sekolah sebesar 3,740 dan mean kinerja guru sebesar 3,580. Hal ini menunjukkan interval dalam kondisi sangat baik. Gaya kepemimpinan kepala sekolah, kemampuan supervisi kepala sekolah, secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru.

 

Kata Kunci: Gaya kepemimpinan, kemampuan supervisi dan kinerja guru.

 

THE INFLUENCE OF PRINCIPAL'S LEADERSHIP STYLE, THE PRINCIPAL'S SUPERVISION ABILITY TO THE TEACHER’S PERFORMANCE OF PROBOLINGGO HIGH SCHOOL 2

 

Abstract: The purpose of this research is describing the Principal's Leadership Style, the Principal's Supervision Ability and the Teacher’s Performance of Probolinggo High School 2 at 2019. Knowing the significant influence of the Principal's Leadership Style, Principal's Supervision Ability, partially or simultaneously on Teacher’s Performance. The population in this study were all teachers of Probolinggo 2 Public High Schools, totaling 44 people. The sampling uses census sampling method. While the questionnaire with a Likert scale. The results of the descriptive analysis show that the Chief Leadership Style The mean school of 3,950, the Principal’s Supervision Ability of the mean 3,740 and the Teacher's Performance with a mean of 3,580 are already in very good condition (interval). The Principal’s Leadership Style, the Principal’s Supervision Ability, partially or simultaneously significant effect on Teacher’s Performance.   

 

Keywords: Leadership style, supervision ability and teacher’s performance.


Keywords


Gaya kepemimpinan, kemampuan supervisi dan kinerja guru

Full Text:

PDF

References


Martono, Nanang. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Marwansyah. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Muslim, Sri Banun. (2010). Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.

Nawawi, Hadari. (2007). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogjakarta: UGM Press.

Rohmat. (2013). Manajemen Kepemimpinan Kewirausahaan. Yogyakarta: Cipta Media Aksara.

Soeprihanto, John. (2001). Penilaian Kinerja dan Pengembangan Karyawan. Yogjakarta: BPFE.

Sudana, Momon. (2013). Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Supardi. (2013). Sekolah Efektif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yasin, A. Fatah. (2008). Dimensi Pendidikan Islam. Malang: UIN Maliki Press.

Yuki, Gary. (2015). Leadership in Organizations. Pearson Prentice Hall: Seventh Edition University.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats