MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE KERJA KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN MATERI KONSEP KETERBATASAN MANUSIA
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD Negeri 17 Manado terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen materi Konsep Keterbatasan Manusia pada tahun pelajaran 2018/2019 dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV berjumlah 18 orang. Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan motivasi peserta didik, yaitu pada kondisi awal motivasi peserta didik yang tinggi belum ada, hanya dalam kategori sedang sebanyak 2 orang atau 11,11%. Peserta didik yang memiliki motivasi tinggi pada siklus I pertemuan pertama berjumlah 3 orang atau 16,67%, pertemuan kedua berjumlah 8 orang atau 44,44%. Padaaaa siklus II pertemuan pertama berjumlah 12 orang atau 66,67%, pertemuan kedua berjumlah 13 orang atau 72,22%. Hasil tes evaluasi juga menunjukkan adanya peningkatan, yaitu pada tahap awal perolehan jumlah nilai sebesar 1158 dengan rata–rata nilai 64,33; pada siklus I sebesar 1428 dengan rata–rata nilai 49,33; dan pada siklus II nilai sebesar 1656 dengan rata–rata nilai 92,67. Peserta didik yang memperoleh nilai sangat baik pada tahap awal sebanyak 2 orang atau 11,11%; pada siklus I sebanyak 6 orang atau 33,33%; dan pada siklus II sebanyak 15 orang atau 83,33%.
Kata Kunci: Motivasi dan hasil belajar siswa; metode kerja kelompok.
IMPROVING STUDENTS' MOTIVATION AND LEARNING OUTCOMES THROUGH GROUP WORK METHODS IN CHRISTIAN RELIGIOUS EDUCATION LESSONS
CONCEPTS OF HUMAN LIMITATIONS
Abstract: This classroom action research was carried out at SD Negeri 17 Manado on the subject of Christian Religious Education on the Concept of Human Limitations in the 2018/2019 academic year with the research subjects being 18th graders. The results of observations showed an increase in student motivation, namely in the initial conditions, high student motivation did not exist, only in the moderate category as many as 2 people or 11.11%. Students who have high motivation in the first cycle of the first meeting amounted to 3 people or 16.67%, the second meeting amounted to 8 people or 44.44%. In cycle II, the first meeting was 12 people or 66.67%, the second meeting was 13 people or 72.22%. The results of the evaluation test also showed an increase, namely in the early stages of obtaining a total score of 1158 with an average score of 64.33; in the first cycle of 1428 with an average value of 49.33; and in the second cycle the value is 1656 with an average value of 92.67. There were 2 students who scored very well in the early stages or 11.11%; in the first cycle as many as 6 people or 33.33%; and in the second cycle as many as 15 people or 83.33%.
Keyword: Student motivation and learning outcomes; group work method.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suhrsimi. (2006). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Gerhanawati. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Bahasa Arab Kelas IX.A MTs Muhammadiyah Salaka Kabupaten Takalar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah. Takalar: Universitas Islam Negeri Alaudin.
Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta, Bumi Aksara
Mudjiono. (1991). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Roestiyah, N.K. (2008). Strategi Belajar dan Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sagala, Syaiful. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sardiman A.M. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pres.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudarmanto. (2018). Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Penelitian Tindakan Kelas. Yogjakarta: Sunrise.
Sudjana, Nana. (2005), Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sukasno. (2002). Pembelajaran Yang Efektif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sutikno. (2009). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Uno, Hamzah B. (2011). Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wardani, I.G.A.K., dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakartta: Universitas Terbuka.
Yacob, Sylvia. (2011). Diktat Mata Kuliah: Pendidikan Agama Kristen Anak. Palu: Sekolah Tinggi Teologi Palu.
Refbacks
- There are currently no refbacks.