PERAN GURU DALAM KOMUNITAS BELAJAR

Aris Tantomas U.P.

Abstract


Kecerdasan dan kompetensi peserta didik yang berbeda-beda menuntut seorang guru memiliki kompetensi yang memadai. Dalam menjalankan tugasnya seorang guru masih memerlukan komunikasi dan kolaborasi keilmuan bersama orang lain. Sehingga secara emosi personal yang ada di kelompok atau forum tersebut akan mencurahkan segala pikiran, gagasan, dan gerak langkah menuju visi dan tujuan yang diharapkan. Di situlah terbentuk komunitas belajar sesama guru. Dengan demikian guru dapat mengimbaskan pola belajar dalam komunitas belajar di kelas bersama peserta didik.  Komunitas belajar yang diharapkan adalah komunitas yang mampu membangkitkan semangat belajar peserta didik dalam menguasai kompetensi dalam setiap mata pelajaran. Belajar dengan berangkat dari kegemaran, kesenggangan, dan kecenderungan kompetensi peserta didik dalam komunitasnya lebih efektif dalam mencapai tujuan belajar. Dalam komunitas belajar diperlukan kehadiran sosok guru dengan kualifikasi utama sebagai seorang ilmuwan. edukator atau seorang pendidik, organisatoris, motivator, dinamisator, kreator, inovator dan evaluator.

 

Kata Kunci: Peran guru dan komunitas belajar.

 

 

THE ROLE OF THE TEACHER IN THE LEARNING COMMUNITY

 

Abstract: Intelligence and competence of different learners requires a teacher to have an adequate competence. In carrying out their duties, a teacher still requires communication and scientific collaboration with other people. So that the personal emotions in the group or forum will devote all thoughts, ideas, and efforts to gain the expected vision and goals. It will form learning community of fellow teachers. Thus, the teacher can induce learning patterns in the learning community in the classroom. The expected of learning community is a community that is able to arouse student’s learning enthusiasm in mastering competencies in each subject. Learning from the hobbies, pleasure, and competence tendencies of students in their community is more effective in achieving learning goals. In learning community, it is necessary to have a teacher with the main qualifications as a scientist, educator, organizer, motivator, dynamist, creator, innovator and evaluator.

 

Keyword:  Teacher role and learning community.


Keywords


Teacher role and learning community

Full Text:

PDF

References


Asmani, Jamal Ma’mur. (2014). Tips Membangun Komunitas Belajar di Sekolah. Jogyakarta: DIVA Press.

Echols, John M. dan Shadily, Hassan. (2014). Kamus Inggris – Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Juliana, Putu Eka. (2020). https://rri.co.id/humaniora/info-publik/986295/nadiem-ujung-tombak-pendidikan-adalah-guru-berkualitas.

Juliana, Putu Eka. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Lerning Community. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha e-ISSN: 2599-1426 Vol.12 No. 1 (2020).

Juwita, Henni Ratna. (2013). Pengaruh Pendidikan Pelatihan KTSP Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Mengajar Guru SMPN di Kecamatan Sumedang Selatan. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol. XVII(1). Halaman: 73 – 85).

Mufarokah, Anissah. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Yogjakarta: Teras.

Permana, Johar. (2016). Model Pengembangan Profesi Guru Melalui Professional Learning Community di Sekolah Menengah. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol. XXIII(I). Halaman: 81 – 90.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats