PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

Ismi Arofah

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat  peningkatan motivasi belajar siswa kelas V sekolah dasar dalam muatan Bahasa Indonesia melalui penerapan  model Discovery Learning. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan selama dua siklus. Terjadi peningkatan motivasi belajar dari pra siklus ke siklus I sebesar 19,64 %. Hal ini terjadi karena adanya penggunaan iklan media cetak sebagai media pembelajaran dan penggunaan model pembelajaran dicovery Learning. Sedangkan pada perbaikan pembelajaran siklus II ini membawa dampak yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Dari persentase 51,28% untuk tingkatan motivasi belajar kategori tinggi dan sangat tinggi menjadi 87,18%. Hal ini terjadi karena pembelajaran menggunakan iklan media elektronik dengan tetap menggunakan model Discovery Learning. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V sekolah dasar.

 

Kata Kunci : Motivasi belajar, model  discovery learning.

 

INCREASING THE MOTIVATION OF LEARNING INDONESIAN LANGUAGE STUDENTS IN CLASS V OF ELEMENTARY SCHOOL THROUGH THE APPLICATION

OF THE DISCOVERY LEARNING MODEL

 

Abstract: This classroom action research was conducted to see the improvement of learning motivation of the fifth graders in learning Indonesian language using Discovery Learning model. This classroom action research was conducted in  two cycles. Then, the result is there was an improvement in learning motivation from pre-cycle to cycle 1 of 19.64%. This is caused by the use of print media advertisements as a learning media and the use of learning models in the Discovery Learning. Meanwhile, the improvement of learning in cycle II has a significant impact on student motivation. From the percentage of 51.28% for the high and very high category of learning motivation to 87.18%. This is due to the learning uses electronic media advertising while still using the Discovery Learning model. The conclusion of this study is that the implementation of the Discovery Learning can improve the motivation to learn Indonesian language of the fifth graders of elementary school.

 

Keywords: Learning motivation, discovery learning model

Keywords


Learning motivation, discovery learning model

Full Text:

PDF

References


Indiarti, Titik. (2008). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Ilmiah. Surabaya: FBS Unesa.

Istiqomah. (2018). Pembelajaran dan Penilaian Higher order Thinking Skills. Surabaya: Pustaka Media Guru.

Kristin, Firosalia. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Perkhasa. Vol. 2(1). Halaman: 90–98.

Santosa, Puji., dkk. (2009). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wijayani, Isnaini. (2017). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Waringinsari Barat Kabupaten Pringsewu. Skripsi, S1–Pendidikkan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats