PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 7 PROBOLINGGO TERHADAP MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA DIMASA PANDEMI COVID 19 MELALUI KETERLIBATAN ORANG TUA

Nurul Hikmawati

Abstract


Melibatkan orang tua siswa dalam proses pembelajaran ini merupakan pengalaman baik (best practice) penulis dalam pelaksanaan Belajar Di Rumah (BDR) secara online atau dalam jaringan (daring). Subjek belajar adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 7 Probolinggo berjumlah 34 siswa.  Langkah-langkah yang dilakukan penulis adalah 1)koordinasi dengan siswa melalui WhatsApp (WA) grup; 2)pendekatan dengan orang tua melalui WhatsApp (WA) grup; 3)melaksanakan pembelajaran melalui jaringan online dengan berbantuan Google Classromm (GC); 4)mengamati orang tua yang sering komunikasi lewat WhatsApp (WA); 5)mengamati siswa yang aktif mengumpulkan tugas; 6)mengamati siswa pasif dalam pembelajaran dan jarang mengumpulkan tugas; dan 7)melakukan komunikasi dengan siswa dan orang tua berkaitan dengan masalah pengumpulan tugas. Hasil pelaksanan menunjukkan peranan orang tua signifikan terhadap peningkatan aktivitas pembelajaran siswa, yaitu 1)siswa yang bertanya melalui WhatsApp (WA) sebanyak 20 siswa atau 58%; 2)siswa yang bertanya melalui Google Classroom (GC) sebanyak 11 siswa atau 32%; 3)siswa yang mengumpulkan tugas tepat waktu sebanyak 13 orang atau 38%; dan 4)hasil kerja siswa dalam kategori baik sebanyak 8 siswa atau 23%.

 

Kata Kunci: Peran orang tua dan aktivitas belajar.

 

INCREASING LEARNING ACTIVITY OF STUDENTS OF CLASS VII D SMP NEGERI 7 PROBOLINGGO

ON HEAT MATERIALS AND ITS MOVEMENT DURING THE COVID PANDEMIC 19

THROUGH PARENTAL  INVOLVEMENT

 

Abstract: Involving parents in this learning process is a good experience (best practice) for the author in implementing Home Learning (HL) or online. The study subjects were students of class VII D SMP Negeri 7 Probolinggo, totaling 34 students. The steps taken by the author are 1) coordinating with students through WhatsApp (WA) groups; 2) approach with parents via WhatsApp (WA) group; 3) carry out learning through online networks with the help of Google Classroom (GC); 4) observing parents who often communicate via WhatsApp (WA); 5) observing students who are actively collecting assignments; 6) observe students passively in learning and rarely collect assignments; and 7) communicate with students and parents regarding the problem of collecting assignments. The results of the learning implementation show that the role of parents is significant in increasing student learning activities, namely 1) students who ask questions via WhatsApp (WA) as many as 20 students or 58%; 2) students who ask questions through Google Classroom (GC) are 11 students or 32%; 3) 13 students who submitted assignments on time or 38%; and 4) student work results in good category as much as 8 students or 23%.

 

Keywords: The role of parents and learning activities

Keywords


The role of parents and learning activities

Full Text:

PDF

References


Arikumto, Suharsimi dan Yuliana, Lia. (2012). Manajement Pendidikan (Edisi Revisi). Yogyakarta: Aditya Media

Hamalik, Oemar. (2007). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Hanafiah, Nanang dan Suhana, Cucu. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Jannah, Musholli. (2015). Pengaruh Peran Orang Tua dan Kemampuan Mengajar Guru terhadap Prestasi belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI). Vol. 9(2). Halaman: 1150-1169.

Lestari, Sri. (2012). Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana Preanada Media Group.

Muhroji, dkk. (2004). Manajemen Pendidikan. Surakarta: UMS Press.

Nur, Jumaidi. (2015). Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tenggarong. Jurnal Cemerlang. Vol. III (1). Halaman: 1–8.

Roestiyah. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rumbewas, Selfia S., dkk. (2018). Peran Orang Tua Dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD Negeri Saribi. Jurnal EduMatSains. Vol. 2(2). Halaman: 201–211.

Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sobur, Alex. (2003). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats