IMPLEMENTASI PBM DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN APLIKASI GOOGLE MEET DI KELAS X-E10 SMAN 3 SIDOARJO
Abstract
Tantangan dunia pendidikan selalu berkelanjutan, apalagi bergulirnya wabah Covid di negeri ini. Membuat para guru dan siswa selalu berpikir kritis tidak boleh menyerah begitu saja dengan adanya ujian hidup yang kita jalani. Meski berat namun tetap harus menuntut ilmu dan tetap mengamalkan ilmu. Merebaknya pandemi Covid menjadikan berbagai kegiatan yang bersifat tatap muka bertransformasi menjadi tatap maya. Perubahan ini mendorong terciptanya insan yang lebih melek teknologi dan terampil dalam berkomunikasi. Pembelajaran jarak jauh sudah kita jalani sejak bulan Maret 2020, satu tahun lebih kita menjalani pembelajaran daring. Dengan tulus ikhlas kita hadapi dari berbagai masalah, utamanya adalah jaringan. Hal ini sudah menjadi masalah umum bagi siapapun, khususnya masyarakat yang berkepentigan dengan kegiatan online. Layanan video conference seperti Google Meet dan lainnya menjadi pilihan alternatif untuk melaksanakan pembelajaran secara tatap maya.
The challenge of the world of education is always sustainable, especially the Covid outbreak in this country. Making teachers and students always think critically should not just give up with the trials of life that we live. Even though it's hard, you still have to study and keep practicing knowledge. The outbreak of the Covid pandemic has transformed various face-to-face activities into virtual ones. This change encourages the creation of people who are more technologically literate and skilled in communication. We have been doing distance learning since March 2020, we have been doing online learning for more than a year. Sincerely we face various problems, the main thing is the network. This has become a common problem for anyone, especially people who have an interest in online activities. Video conferencing services such as Google Meet and others are an alternative choice to carry out face-to-face learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Zaenal. (2011). Penelitian Tindakan Kelas: Untuk Guru SMP, SMA, SMK. Yrama Widya.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 7(4). Halaman: 281 - 288.
Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March). Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group.
Kurniawan, Carlina Sukma Ayu., dkk. (2021). Pelatihan Pengoperasian Media Pembelajaran Bagi Guru Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 9(1). Halaman: 36–43.
Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif, Jenis Karakteristikdan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.
Rahadi, A. (2008). Belajar Pembelajaran dan Sumber Belajar. Jakrta: Refika Utama.
Rokhim, Deni Ainur., dkk. (2021). Analisis Kesiapan Peserta Didik Dan Guru Pada Asesmen Nasional ( Asesmen Kompetensi Minimum, Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar ). Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan. Vol. 4(1). Halaman: 61–71.
Rokhim, Deni Ainur., dkk. (2020). Analisis Dampak Anjuran Pemerintah Terhadap Belajar Di Rumah Bagi Pelaku Pendidikan. JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan. Vol. 3(3). Halaman: 216–233.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakrta: Rajagrafindo Persada.
Somantri, G. R. (2005). Memahami Metode Kualitatif. Makara, Sosial Humaniora. Vol. 9(2). Halaman: 57–65.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukamti. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dan Penguasaan Materi Lingkaran I Melalui Latihan Mandiri Bagi Siswa Kelas VIIIE SMPN 5 Sragen Semester Genap Tahun 2009/2010. Majalah Ilmiah Pembelajaran. Vol. 6(2). Halaman: 1–14.
Wahyudi, dkk. (2020). Quizizz: Alternatif Penilaian Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika. Vol. 8(2). Halaman: 95–108.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id