MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU SDN NO. 28 SELIMUS MENYUSUN PROGRAM REMEDIAL DAN PENGAYAAN MELALUI IN HOUSE TRAINING (IHT)
Abstract
Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan di SD Negeri No. 28 Selimus pada semester II tahun pelajaran 2019/2020 selama dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 6 orang guru. Tujuan penelitian untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan guru dalam dalam menyusun program perbaikan dan pengayaan melalui In House Training. Indikator keberhasilan tindakan adalah apabila 100% orang guru telah mampu menyusun program remedial dan pengayaan minimal mendapat nilai baik. Adapun kriteria penilaian, ditetapkasn sebegai berikut: 1)Amat Baik = 86–100 ; 2)Baik = 71–85; 3)Cukup = 56–70; dan 4)Kurang = £ 55. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa In House Training dapat meningkatkan kemampuan guru dalam penyusunan program perbaikan dan pengayaan. Guru yang mencapai predikat penilaian baik pada pra siklus hanya 1 orang atau 16,67%; pada siklus I dan II ada 4 orang atau 66,67%; predikat penilaian amat baik dicapai pada siklus II, yaitu sebanyak 2 orang atau 33,33%.
This school action research was conducted at SD Negeri No. 28 Selimus in the second semester of the 2019/2020 academic year for two cycles. The research subjects found 6 teachers. The purpose of this research is to improve and improve the ability of teachers in preparing improvement and enrichment programs through In House Training. The indicator for the success of the action is when 100% of the teachers have been able to develop a program of improvement and enrichment, at least getting a good score. The assessment criteria are set as follows: 1) Very Good = 86–100 ; 2)Good = 71–85; 3) Enough = 56–70; and 4) Less = 55. The results show that In House Training can improve the ability of teachers in the preparation of improvement and enrichment programs. Only 1 teacher who achieved a good assessment in the pre-cycle or 16.67%; in cycles I and II there were 4 people or 66.67%; very good predicate was achieved in the second cycle, as many as 2 people or 33.33%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar–Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Basri, Hasan dan Rusdiana, A. (2015). Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Pustaka Setia
Daryanto dan Bintoro. (2014). Manajemen Diklat. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Echols, John M. dan Shadily, Hassan. (2007). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ghani, Abd. Rahman A. (2014). Metodologi Penelitian Tindakan Sekolah. Depok: Rajagrafindo Persada.
Makmun. (2012). Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2007). Implementasi Kurikulum 2004: Perpaduan Pembelajaran KBK. Bandung: Rosdakarya.
Musfah, Jejen. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru, Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.
Prayitno. (2008). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineke Cipta.
Sudjana, Nana. (2001). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugihartono, dkk. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.