MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS TEKS MONOLOG BERBENTUK DESCRIPTIVE/PROCEDURE MELALUI THREE PHASE TECHNIQUE”

Paulina Christiani

Abstract


Tujuan umum penelitian ini yakni meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam menulis teks monolog berbentuk descriptive/procedure melalui Model Pembelajaran Three Phase Technique pada siswa kelas VIID semester 2 SMP Negeri 2 Probolinggo tahun pelajaran 2018/2019.”Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, karena tindakan yang akan dilakukan diterapkan pada pembelajaran dalam kelas. Hasil belajar menulis teks monolog berbentuk descriptive/Procedure melalui penerapan model TPT (Three Phase Technique), pada siklus II sebanyak 34 siswa atau 100% siswa kelas VIID Semester 2 SMP Negeri 2 Probolinggo tahun pelajaran 2018-2019 mencapai KKM (75) yang berarti mengalami peningkatan dibanding siklus I dimana siswa yang mencapai KKM (75) hanya sebesar 29 siswa atau 85,29%.” Maka aktivitas dan hasil belajar pada siklus II menyatakan telah tercapainya tujuan, hipotesis dan indikator keberhasilan penelitian dari penelitian tindakan kelas ini. “Penggunaan model TPT (Three Phase Technique) telah berhasil dilaksanakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam menulis teks monolog berbentuk descriptive/procedure pada siswa kelas VIID semster 2 SMP Negeri 2 Probolinggo.  Secara umum, disarankan agar lebih mengoptimalkan penggunaan model TPT (Three Phase Technique) sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan proses pembelajaran Bahasa Inggris, khususnya menulis teks monolog berbentuk descriptive/procedure.”

The general objective of this research is to increase activities and learning outcomes in writing monologue texts in the form of Descriptive/Procedures through the Three Phase Technique Learning Model for Class VIID Students in Semester 2 of SMP Negeri 2 Probolinggo in the 2018/2019 academic year. The type of research used in this research is Classroom Action Research, because the actions to be taken are applied to classroom learning. The results of learning to write monologue texts in the form of Descriptive/Procedure through the application of the TPT (Three Phase Technique) model, in cycle II as many as 34 students or 100% of class VIID Semester 2 students of SMP Negeri 2 Probolinggo in the 2018-2019 academic year reached the KKM (75) which means experiencing an increase compared to the first cycle where students who reached the KKM (75) were only 29 students or 85.29%. So the activities and learning outcomes in cycle II stated that the objectives, hypotheses and indicators of research success from this classroom action research had been achieved. The use of the TPT (Three Phase Technique) model has been successfully implemented to improve student activity and learning outcomes in Writing Monologue Text in the Form of Descriptive/Procedure for class VIID Semster 2 SMP Negeri 2 Probolinggo. In general, it is recommended to optimize the use of the TPT (Three Phase Technique) model as an alternative to improve the English learning process, especially writing monologue text in the form of Descriptive/Procedure.


Keywords


Teks monolog, descriptive/procedure, phase technique.

Full Text:

PDF

References


Dedi. (2010). 5 Alasan Bahasa Inggris Dijadikan Bahasa Internasional.

http://dedi-smk.blogspot.co.id/2013/02/5-alasan-bahasa-inggris-dijadikan.html

Guo, X. –Q., Wu, W.Y. (2013). Simple Synchronization Technique for Three-Phase Grid-Connected Distributed generation System. IET Renew. Power Gener.

Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria Dearcin University Press.

Natawijaya, Rochman. (2005). Aktivitas Belajar. Jakarta: Depdiknas

Suyanto. (1997). Pedoman Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Depdikbud.

Winataputra, Udin, S. (2001). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta Pusat: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.