PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KD MEMAHAMI ASMAUL HUSNA MELALUI PERMAINAN SMART STAR BOARD
Abstract
Motivasi siswa adalah hal yang paling utama yang dapat mempengaruhi bagaimana sikap siswa terhadap suatu mata pelajaran. Peran motivasi belajar sangatlah dibutuhkan dalam mengatasi masalah pada mata pelajaran sebagai ilmu yang memiliki tingkat kesukaran yang berbeda. Dalam hal ini pelajaran PAI dan Budi Pekerti masih dianggap mata pelajaran yang sangat membosankan dan kurang menarik daripada mata pelajaran yang lain khususnya pada Kompetensi Dasar Memahami Makna Asmaul Husna di kelas VI SDN Mangunharjo 1. Untuk mengatasi permasalahan ini peneliti melakukan sebuah inovasi pembelajaran yang bertujuan agar proses pembelajaran PAI dan Budi Pekerti khususnya Kompetensi Dasar Memahami Makna Asmaul Husna menjadi menarik dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Inovasi ini peneliti sebut dengan permainan edukatif “Smart Star Board”. Untuk menguji metode ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa atau tidak dalam belajar PAI dan Budi Pekerti peneliti melakukan sebuah penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Terbukti hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media permainan edukatif “Smart Star Board” dapat meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya Kompetensi Dasar dalam Memahami Makna Asmaul Husna pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VI di SDN Mangunharjo 1.
Students’ motivation is the most important thing that can affect students' attitudes towards a subject. Subjects as sciences that have different levels of difficulty require the role of learning motivation. In this case, PAI dan Budi Pekerti lesson is still considered very boring and less interesting subjects than other subjects, especially in the Basic Competence of Understanding the Meaning of Asmaul Husna in class VI SDN Mangunharjo 1. To overcome this problem, the researcher carried out a learning innovation that aims to The learning process of PAI dan Budi Pekerti, especially the Basic Competence of Understanding the Meaning of Asmaul Husna, becomes interesting and fun so that it can increase students' learning motivation. This innovation researcher call the educational game "Smart Star Board". To test this method can increase students' learning motivation or not in learning PAI dan Budi Pekerti, the researcher conducted a study using the Class Action Research (CAR) method. Evidently the results of this study indicate that the use of the educational game media "Smart Star Board" can increase students' learning motivation, especially the Basic Competence of Understanding the Meaning of Asmaul Husna in PAI dan Budi Pekerti lessons in class VI at SDN Mangunharjo 1.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alim, Muhammad. (2011). Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Faqih, M. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Model Pembelajaran Leveling System Pada Siswa SMK Tingkat III. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 240.
Hidayati, N. (2017). Guided Inquiry Learning Through Cooperative Numbered Heads Together Strategy To Increase Motivation And Learning Achievement of Science for The Students Grade VIII 6 SMP Negeri 1 Probolinggo. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 154.
Hamzah. B. Uno (2011). Motivasi Belajar dan Siswa. Bandung. Alfa Beta
Sadirman, A.M ( 2007) Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa. Jojakarta. Gema Pustaka Wardani, I. G. (2004). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Uiversitas Terbuka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id