PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR DI KELAS ONLINE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keaktifan belajar daring melalui penerapan model Discovery Learning pada siswa kelas VIII SMPN 3 Probolinggo. Berdasarkan analisis data, temuan penelitian, dan pembahasan menunjukkan adanya peningkatan proses keaktifan belajar di kelas online selama dua siklus meningkat dari siklus I yang semula rata-rata skornya 70,4 meningkat di siklus II sebesar 73,7. Dilihat dari jenjang kemampuan peserta didik, terjadi peningkatan keaktifan belajar daring. Pada siklus I aktvitas berdiskusi sebesar 57,1% dengan kategori sedang, sementara persentase untuk aktivitas belajar membuat laporan (LKPD) adalah 83,6% dengan kategori baik sekali, dan pada siklus II aktivitas berdiskusi sebesar 62,1% dengan kategori baik, sementara persentase untuk aktivitas belajar membuat laporan (LKPD) adalah 84,3% dengan kategori baik sekali. Paparan tersebut menggambarkan bahwa tindakan pembelajaran yang mengunakan model Discovery Learning mampu meningkatkan keaktifan belajar secara online, dengan meningkatnya keaktifan belajar di kelas online maka pemahaman terhadap materi juga meningkat.
This study aims to increase online learning activities by applying the Discovery Learning model for 8th-grade students of SMPN 3 Probolinggo. Data analysis, research findings, and discussion show an increase in the involvement of the online learning process for two cycles, the first cycle with the conventional learning model and the latter using Discovery Learning. The students' grades increased from the average score of 70.4 to 73.7. From the student's ability standpoint, there is an increase in online learning involvement. The first cycle shows that the discussion and report generating activities were 57.1% and 83.6%, respectively. The second cycle shows an increase in the involvement of two activities, 62.1% and 84.3%, both categorized as very good. The study illustrates that the Discovery Learning model increases each activity's online involvement. Hence, it is expected that with more student involvement in online classes, understanding the core material also increases.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fitriyah, dkk. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MAN Model Kota Jambi. Jurnal Pelangi. Vol. 9, (2), halaman: 108-112.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Galilia Indonesia.
Rosarina, G. dkk (2016). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah. Vol. 1(1), halaman: 371-380.
Sagala, Syaiful. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sardiman, M.A. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Perada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.