MENAKAR POTENSI DAN MOTIVASI BELAJAR DIRI DI ERA PANDEMI

Endang Seksiani

Abstract


Kualitatif deskriptif menjadi cara/metode yang digunakan dalam penelitian ini. Metode/cara penelitian kualitatif deskriptif ialahmetode menggambarkan suatu objek di masa sekarang untuk memperoleh petunjuk tentang perilaku masyarakat. Untuk penelitian ini penulis memakai pendekatan kualitatif deskriptif untuk menyampaikan bersifat naratif (banyak uraian kata-kata), karena peneliti ingin menggambarkan atau mendeskripsikan karakteristik dari fenomena pandemi covid-19 di masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan suatu fakta yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat.. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa motivasi belajar siswa akibat pandemi ini menjadi turun,karena diberlakukan sistem pembelajaran daring.


 


Keywords


Motivasi belajar, dan pandemi

Full Text:

PDF

References


Amalia, Andina dan Sa’adah, Nurus. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar di Indonesia. Jurnal Psikologi. Vol. 13(2). HLalaman: 214–225.

Djamaluddin, Ahdar dan Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Parepare: Kaaffah Learning Center.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sutikno, M. Sobry dan Fathurrahman, Pupuh. (2007). Strategi Belajar Mengajar Melalaui Penaman Konsep Umum dan Konsep islam. Jakarta: Refika Aditama.

Yusuf, A Muri. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Padang: UNP Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.