MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III SD DI MASA PANDEMI COVID–19 MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING

Maria Magdalena Saminem

Abstract


Penelitian kulaitatif ini dilaksanakan pada tahun pelajaran 2021/2022 bertujuan untuk mendiskripsikan upaya peningkatan peseta didik dalam penurunan motivasi belajar di masa pandemi melalui pendekatan problem solving. Subjek penelitian adalah siswa kelas Kelas III SDN Kedopok 1 dengan jumlah 29 orang yang terdiri dari 17 laki-laki dan 12 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Problem Solving mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan indikasi rata–rata keaktifan peserta didik dalam pengumpulan tugas selama satu semester secara klasikal ≥ 80%.

  

This qualitative research was carried out in the 2021/2022 academic year aimed at describing efforts to increase students motivation to learn during a pandemic through a problem solving approach. The subjects of the study were Class III students of SDN Kedopok 1 with a total of 29 people consisting of 17 boys and 12 girls. The results showed that the problem solving approach was able to increase students learning motivation with an indication of the average activeness of students in collecting assignments for one semester classically 80%.

 

 


Keywords


Learning motivation; problem solving approach; learning achievement.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 7(4). Halaman: 281–288.

Bahri, Syaiful dan Zain, Aswan. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Nazir, Moh. (2014). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sanjaya, Wina (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sardiman A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Setiawan, Lingga Dwi. (2020). Permasalahan Pendidikan Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia (Senasbasa). Malang: Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhammadiyah Malang.

Sugiyono. (2008). MetodePenelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutarmi, Ketut dan Suarjana, I Md. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Problem Solvingdalam PembelajaranIPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1(2). Halaman: 75–82.

Uno, Hamzah B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats