MENUNTUN MURID MENCAPAI KEBAHAGIAAN DALAM BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DAN LAYANAN COACHING
Abstract
Menuntun murid untuk mencapai kebahagian dalam belajar merupakan filosifi dari Ki Hadjar Dewantara (KHD). Untuk mencapai tujuan (filosofi) tersebut maka seorang pendidik diharapkan mampu menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Seorang pendidik yang mandiri, refletif, kolaboratif, inovatif dan berpihak pada murid akan selalu Menuntun bukan Menuntut pada murid-muridnya. Untuk dapat menuntun murid-murid maka proses pembelajaran di kelas dilaksanakan dengan menekankan pada pencapaian student wellbeing daripada mengejar target kurikulum. Sehingga perlu strategi atau teknik belajar yang interaktif dan menarik agar murid-murid mau memperhatikan dan aktif dalam proses pembelajaran. Namun yang paling penting adalah membuat murid bahagia saat belajar. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat mmbahagiakan murid adalah pembelajar-an berdiferensiasi yakni usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid. Agar dapat mengetahui kondisi dan kebutuhan belajar murid, maka guru dapat melakukan Coaching yakni keterampilan berkomunikasi untuk memberdayakan potensi murid, sehingga dapat optimal dalam belajar dan berkarya.
Guiding students to achieve happiness in learning is the philosophy of Ki Hadjar Dewantara (KHD). To achieve this goal (philosophy), an educator is expected to be able to guide all the natures that exist in children both as humans and as members of society. An educator who is independent, reflective, collaborative, innovative and sided with students will always Guide not Demand on his students. To be able to guide students, the learning process in class is carried out by emphasizing on achieving student wellbeing rather than pursuing targets curriculum. So we need interactive and interesting learning strategies or techniques so that students want to pay attention and be active in the learning process. But the most important thing is to make students happy while learning. One of the learning strategies that can make students happy is differentiated learning, namely an effort to adapt the learning process in the classroom to meet the individual learning needs of each student. In order to know the conditions and learning needs of students, teachers can do Coaching, namely communication skills to empower students' potential, so that they can be optimal in learning and working.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dewantara, K.H. (1936). Dasar-dasar Pendidikan Keluarga. Yogyakarta: Leutika.
Dewantara, K.H. (2009). Menuju Manusia Merdeka. Yogyakarta: Leutika.
Hari, Abdul H. (2015). Peran Nilai-Nilai Personil (Personal Values) Terhadap Sikap Konsumen. Magistra, Vol. 27, No. 92, 35-44
Tomlinson, C. A. (2001). How to differentiated Instruction in Mixed-Ability Classrooms. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development.
Hawkins, D. I., & Mothersbaugh, D. L. (2015). Consumer Behavior : Building Marketing Strategy. New York: McGraw - Hill.
Refbacks
- There are currently no refbacks.