MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BANGUN-BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tentang Bangun-Bangun Datar melalui model pembelajaran Discovery Learning pada peserta didik Kelas 9D di SMP Negeri 2 Probolinggo tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian dilaksanakan dalam tiga langkah yaitu perencanaan (planning), tindakan dan pengamatan (action & observation), dan refleksi (reflection). Setiap langkah pelaksanaan merupakan satu siklus. Penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas 9D di SMP Negeri 2 Probolinggo pada mata pelajaran Matematika. Peningkatan aktivitas belajar peserta didik ditunjukkan dengan meningkatnya persentase aktivitas belajar peserta didik. Pada siklus I persentase aktivitas belajar peserta didik mencapai 67,29%. Kemudian pada saat dilanjutkan pada siklus II, persentase aktivitas belajar peserta didik meningkat menjadi 77,29%. Hal ini menunjukkan persentase aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan dan mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat pada rata-rata nilai kelas dan peningkatan persentase ketuntasan setelah diberikan treatment. Sebelum diberikan tindakan rata-rata nilai kelas mencapai 67,81. Pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar mencapai 69,79 dan persentase ketuntasan mencapai 41,67%. Kemudian pada siklus II rata-rata nilai kelas mencapai 80,00 dan persentase ketuntasan mencapai 100%.
This classroom action research aims to improve activities and learning outcomes about Plane Figure through the Discovery Learning learning model for Class 9D students at SMP Negeri 2 Probolinggo in the 2019/2020 academic year. The research was carried out in three steps, namely planning, action and observation, and reflection. Each implementation step is a cycle. The use of the Discovery Learning learning model can increase the learning activities of 9D grade students at SMP Negeri 2 Probolinggo in Mathematics. The increase in students' learning activities is indicated by the increasing percentage of students' learning activities. In the first cycle the percentage of student learning activities reached 67.29%. Then when it was continued in the second cycle, the percentage of student learning activities increased to 77.29%. This shows that the percentage of student learning activities has increased and achieved the predetermined indicators of success. The increase in student learning outcomes can be seen in the average class value and the increase in the percentage of completeness after being given treatment. Before being given the action, the average class score reached 67.81. In the first cycle the average value of learning outcomes reached 69.79 and the percentage of completeness reached 41.67%. Then in the second cycle the average grade value reached 80.00 and the percentage of completeness reached 100%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineke Cipta.
Ismah. (2018). Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 01. Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Kusumah, W. & Dedi. (2011). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.
Malik. (2001). Pengertian Discovery Learning. Bandung: Citra Aditya
Nana Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ningrum, E. (2014). Penelitian Tindakan Kelas: Panduan Praktis dan Contoh. Yogyakarta: Penerbit Ombak
Pamungkas, A. B. (2016). Implementasi E-Learning sebagai Penunjang Standarisasi K-13 Berbasis Web dalam Peningkatan Kompetensi Pembelajaran pada SMAN 8 Kabupaten Tanggerang. Jurnal Maklumatika,5(2).http://maklumatika.uniat.ac.id/files/vol5no2januari201 6/001.pd.
Purwanto, M.N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Cetakan. Keenam. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Supriyanto, Bambang. (2014). Penerapan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling Dan Luas Lingkaran Di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran, 3(2), 165-174
Refbacks
- There are currently no refbacks.