MENINGKATAN KREATIFITAS PEMBUATAN TABEL DAN RUMUS DALAM PENGOPERASIAN MICROSOFT EXCEL MELALUI PENERAPAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION KELAS IX.6 SMPN 8 PROBOLINGGO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kreatifitas siswa kelas IX.6 SMPN 8 Probolinggo dalam pembuatan tabel dan rumus dalam pengoperasian program Microsoft excel melalui penerapan model Explicit Instruction. Hasil penelitian selama dua siklus menunjukkan adanya peningkatan proses kreatifitas pembuatan tabel dan rumus, pada siklus I rata-rata skornya 72,10 meningkat di siklus II sebesar 93,33. Kemampuan siswa pada pembuatan tabel dan rumus dalam pengoperasian program Microsoft excel terjadi peningkatan; pada tahap pra siklus jumlah siswa yang berkemampuan tinggi sebanyak 4%, pada siklus I sebanyak 54%, dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Jumlah siswa yang berkemampuan sedang pada pra siklus sebanyak 50%, pada siklus I menurun sebanyak 46%, dan pada siklus II menurun menjadi 0%, hal ini karena pada siklus II kemampuan siswa semua tinggi. Jumlah siswa yang berkemampuan rendah pada pra siklus sebanyak 46%, pada siklus I sebanyak 0%, dan pada siklus II tetap 0%.
This study aims to increase the creativity of class IX.6 students of SMPN 8 Probolinggo in making tables and formulas in the operation of the Microsoft Excel program through the application of the Explicit Instruction model. The results of the research for two cycles showed an increase in the creative process of making tables and formulas, in the first cycle the average score was 72.10, an increase in the second cycle was 93.33. Students' ability in making tables and formulas in the operation of the Microsoft excel program has increased; in the pre-cycle stage the number of high-ability students was 4%, in the first cycle it was 54%, and in the second cycle it increased to 100%. The number of students with moderate abilities in the pre-cycle was 50%, in the first cycle it decreased by 46%, and in the second cycle it decreased to 0%, this was because in the second cycle the students' abilities were all high. The number of low-ability students in the pre-cycle was 46%, in the first cycle it was 0%, and in the second cycle it was still 0%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anik, Pamilu. (2007). Mengembangkan Kreativitas Dan Kecerdasan Anak. Jakarta: Buku kita.
Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Marno dan Idris. (2010). Strategi dan Metode Pengajaran. Yogjakarta: Ar Ruzz Media.
Syarifah, Mushlihatun. (2016). Metode Pembelajaran Explicit Instruction. https://www.msyarifah.my.id/2016/06/12/metode-pembelajaran-explicit-instruction/ diakses 02 Juni 2021.
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Wardani, I.G.A.K. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.