PEMANFAATAN BUNGA TELANG DALAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SMP NEGERI 1 PROBOLINGGO
Abstract
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ini memilih tema Gaya Hidup Berkelanjutan dengan Topik Budidaya dan Pengolahan Bunga Telang. Pada P5 ini, peserta didik telah mampu mengetahui, memahami dan menerapkan pemanfaatan, pengolahan dan budidaya Bunga Telang. Dimensi Profil Pelajar Pancasila yang telah tampak pada projek ini adalah Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Mandiri serta Kreatif. Pada dimensi Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, projek akan berfokus pada menumbuhkan akhlak terhadap alam. Pada dimensi Mandiri, projek akan berfokus pada Regulasi Diri. dan pada dimensi Kreatif, projek akan berfokus pada menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal. Pemanfaatan Bunga Telang telah banyak memberikan manfaat bagi kesehatan melalui pengolahan menjadi produk pangan berupa minuman, camilan bahkan sampai hidangan pokok.
This Pancasila Student Profile Strengthening Project chose the theme of Sustainable Lifestyle with the Topic of Cultivation and Processing of Telang Flower. In this P5, students have been able to know, understand and apply the utilization, processing and cultivation of Telang Flowers. The dimensions of the Pancasila Student Profile that have been seen in this project are Faith, fear of God Almighty and Noble Morals, Independent and Creative. In the dimension of Faith, fear of God Almighty and Noble Morals, the project will focus on cultivating morals towards nature. In the Independent dimension, the project will focus on Self-Regulation. and on the Creative dimension, the project will focus on producing original works and actions. The use of Telang Flowers has provided many health benefits through processing into food products in the form of drinks, snacks and even staple dishes
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi Santoso, dkk. (2021). Panduan Projek Profil Pelajar Pancasila. Probolinggo: SMP Negeri 1 Probolinggo.
Rizky Satria, dkk. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan teknologi Republik Indonesia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.