MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU SD NEGERI 02 NANGA TAMAN DALAM MENYUSUN INSTRUMEN PENILAIAN MELALUI FOCUS GROUP DISCUSSION
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dua putaran atau dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 10 orang guru SD Negeri 02 Nanga Taman pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru SD Negeri 02 Nanga Taman dalam menyusun instrumen penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus hanya 5 orang guru atau 50% yang memiliki naskah soal pilihan ganda (multiple choice) sedangkan guru yang memiliki kisi–kisi soal dan kartu soal belum ada atau 0%. Pada siklus pertama guru yang memperoleh penilaian dengan kriteria Baik dalam menyusun kisi–kisi soal sebanyak 6 orang guru atau 60%, yang menyusun kartu soal sebanyak 4 orang guru atau 40%, dan yang menyusunan naskah soal sebnyak 5 orang atau 50%. Pada siklus kedua guru yang memperoleh kriteria Baik dalam menyusun kisi–kisi soal mencapai 8 orang atau 80%, dalam menyusun instrumen kartu soal mencapai 9 orang atau 90%, dan yang menyusun naskah soal mencapai 8 orang guru atau 80%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2008). Dasar–Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Aswat. (2019). Efektivitas Pelaksanaan Metode Diskusi Kelompok Terpusat (Focus Group Discussion) Terhadap Motivasi Belajar IPS Murid Kelas V SD Negeri II Bone, Kota Bau Bau. Jurnal PAUD. Vol. 2(1). Halaman: 1–27.
Bisjoe, A. (2018). Menjaring Data dan Informasi Penelitian Melalui FGD (Focus Group Discussion): Belajar Dari Praktik Lapangan. Jurnal Info Teknis Eboni. Vol. 15(1). Halaman: 17–27.
Hadiana, Deni. (2015). Penilaian Hasil Belajar Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 21(1). Halaman: 15–25.
Permendikbud No. 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Siregar. (2019). Pengaruh Pengungkapan Enterprise Risk Management, Intellectual Capital, Corporate Social Responsibility, dan Sustainability Report Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Bisnis Darmajaya. Vol. 5(2). Halaman: 53–79.
Situmorang, D. (2019). Pengaruh Focus Group Discussion Tentang Pelaksanaan Uji Kompetensi Terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa. Jurnal Jumatik. Vol. 4(2). Halaman: 220–227.
Sukardi. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Supratiknya, A. (2012). Penilaian Hasil Belajar Dengan Teknik Non Tes. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Waluyati, Made. (2020). Penerapan Fokus Group Discussian (FGD) Untuk Meningkatkan Kemampuan MemanfaatkanLingkungan Sebagai Sumber Belajar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 8(1). Halaman: 80–91.
Refbacks
- There are currently no refbacks.