MEMAHAMI AL–QUR’AN MELALUI KAJIAN FILSAFAT DAN ILMU PENGETAHUAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BERAGAMA

Kusnadi Kusnadi, Muhammad Amri, Indo Santalia

Abstract


Agama, ilmu, dan filsafat merupakan alat utama bagi manusia dalam mencari kebenaran. Agama berkaitan dengan permasalahan hubungan manusia dan dunianya serta hubungan dengan Allah SWT. Filsafat dianggap sesuatu yang dapat mengantarkan manusia untuk berfikir bebas tanpa batas serta yang dapat menghasilkan bagan konsepsional yang membimbing seseorang pada suatu perbuatan.  Ilmu pengetahuan terhimpun dari kata ilmu dan pengetahuan. Ilmu harus diperoleh dengan metode ilmiah dengan menggunakan metode berfikir deduktif dan induktif sedangkan pengetahuan dapat diperoleh melalui pengalaman sehari–hari atau diterima dari informasi yang diperoleh dari seseorang yang memiliki kewibawaan atau otoritas tertentu. Islam merupakan agama yang memiliki konsep yang sempurna untuk membawa manusia menuju keselamatan melalui kepasrahan kepada Tuhan. Islam tidak menolak untuk dikonfrontir dengan sains modern karena kebenaran Islam yang tertuang dalam al–qur’an sangat relevan dengan sains modern. Dengan demikian jika manusia mau memahami kebenaran al–qur’an melalui kajian filsafat dan sains modern niscaya akan akan dapat meningkatkan kemampuannya dalam literasi beragama.

 

 


Keywords


Filsafat; sains modern; dan kebenaran al–Qur’an.

Full Text:

PDF

References


Ali, Hamdani. (1990). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Rajawali Pers.

Amrullah, Abdil Malik bin Abdul Karim. (1982). Tafsir Al Azhar Juzu’ 1. Jakarta: Pustaka Panjimas.

Bagus, Lorens. (2002). Kamus Filsafat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Banadib, Imam. (1994). Filsafat Pendidikan Sistem dan Metode. Yogyakarta: Andi Ofset.

Basit, Abdul. (2012). Filsafat Dakwah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bucaille, Maurice. (1976). La Bible Le Coran Et La Science. Alih bahasa: H.M. Rasyidi. (1979). Bibel, Qur'an dan Sains Modern. Jakarta: Bulan Bintang.

Djuned, Daniel. (2004). Konflik Keagamaan dan Solusinya dalam Syamsul Rijal, dkk. Filsafat, Agama dan Realitas Sosial. Banda Aceh: Fakultas Ushuluddin IAIN Ar-Raniry.

Fakhri, Jamal. (2010). Sains dan Teknologi Dalam Al–Qur ‘an dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal TA’DIB. Vol. XV(01). Halaman: 123.

Golshani, Mehdi. (2004). Issues and Islam and Sains. Alih bahasa: Ahsin Muhammad. . (2004). Melacak Jejak Tuhan Dalam Sains: Tafsir Islami Atas Sains. Bandung: Mizan.

Komar, Oong. (2006). Filsafat Pendidikan NonformaI. Bandung: Pustaka Setia.

Kusno. (2018). Filsafat Agama. Surabaya: Alpha.

Mahzar, Armahedi. (2004). Revolusi Integralisme Islam: Merumuskan Paradigma Sains dan Teknologi Islami. Bandung: Mizan.

Munir, Abdullah., dkk. (2019). Literasi Moderasi Beragama di Indonesia. Bengkulu: Zigie Utama.

Nasution, Harun. (2010). Falsafah dan Mistisme Dalam Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Sadily, Hasan. (1984). Ensiklopedi Pendidikan. Jakarta: Ikhtiar.

Sardar, Zainuddin. (1987). Masa Depan Islam. Bandung: Pustaka.

Shihab, M. Quraish. (1996). Wawasan Al – Qur’an: Tafsir Maudhui atas Perbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan.

Soelaiman, Darwis A. (2019). Filsafat Ilmu Pengetahuan Perspektif Barat Dan Islam. Banda Aceh: Bandar Publishing.

Sulaiman, Asep. (2016). Mengenal Filsafat Islam. Bandung: Yrama Widya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.