PENGEMBANGAN MODEL FLIPPED CLASSROOM MENGGUNAKAN MEDIA SMARTBOT VIRTUAL LAB AND GAMES UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR

Samsul Badrus Saleh

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi dan mendeskripsikan peningkatan kompetensi siswa setelah menggunakan gim “Smartbot Virtual Lab and Games” pada model pembelajaran flipped classroom dengan metode inkuiri terbimbing pada mata pelajaran matematika materi keliling dan luas bangun datar di Kelas IV. Penggunaan gim ini menunjukkan hasil yang signifikan dalam peningkatan motivasi, keaktifan dan kompetensi siswa, ini dapat dilihat dari hasil angket yang masuk dan penilaian akhir. Data hasil berdasar angket yang diberikan kepada 35 siswa. Sebanyak 97% siswa memberikan jawaban sangat setuju dan 3% memberikan jawaban setuju serta tidak ada siswa yang memberikan jawaban tidak setuju terhadap penggunaan gim Smartbot Virtual Lab and Games, ditinjau dari ketuntasan belajar  mencapai 97%  atau hanya 3% siswa yang memperoleh nilai dibawah KKTP. Berdasarkan fakta-fakta tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media tersebut ternyata efektif meningkatkan motivasi, keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sukabumi 2, pada pembelajaran matematika keliling dan luas bangun datar.

 

 


Keywords


Model flipped classroom; media smartbot; motivasi dan hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Furoida, Maya Fanny. (2009). Pengaruh Media Animasi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas VII MTs Surya Buana Malang. Thesis. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Mutmainah, Siti, dkk. (2019). Model Pembelajaran Flipped Classroom. Kemenerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mutmainnah, Siti. (2020). Model Pembelajaran Flipped Classroom. https://sibatik.kemdikbud.go.id/inovatif/assets/file_upload/pengantar/pdf/pengantar_2.pdf. Diakses tanggal 24 Agustus 2021.

Ramli, Muhammad. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: AIN Antasari Press.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats