MEMANTIK PRESTASI SISWA INKLUSI DI SMP NEGERI 3 PROBOLINGGO MELALUI TAKSI
Abstract
Tujuan dari penulisan ini, umum adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan hasil dari penerapan cara memantik prestasi siswa inklusif melalui TAKSI di SMP Negeri 3 Probolinggo. Tempat Anak Kreatif Siswa Inklusif (TAKSI) yang merupakan wadah pembinaan prestasi siswa inklusif ini berdampak pada peningkatan prestasi siswa inklusif di SMP Negeri 3 Probolinggo. Sehingga untuk lebih memantik dari prestasi siswa inklusi, maka SMP Negeri 3 Probolinggo harus memiliki kemitraan dengan beberapa lembaga lain guna untuk memberikan layanan yang terbaik dan khusus dalam meningkatkan potensi-potensi yang terdapat pada siswa yang inklusif sesuai dengan bidang yang diminatinya. Hasil penelitian ini, berdasarkan informasi dari guru pembimbing khusus, dapat diketahui bahwa seni yang diminati oleh siswa inklusi adalah seni tari, melukis, dan prakarya. Sedangkan dibidang olahraga yang banyak diminati siswa inklusi adalah sepakbola, renang. Prestasi yang telah diraih dan dicapai oleh siswa inklusi tepatnya pada Anugerah Anak Hebat 2 di Tahun 2019 SMP Negeri 3 Probolinggo mendapat juara 3 Adzan, juara 3 baca al–Qur’an, juara 2 baca al–Qur’an. Dan yang paling membanggakan sekolah maupun orang tua adalah kejuaran Paraswimming tingkat nasional yang diikuti secara mandiri memperoleh juara 1 gaya bebas, juara 2 gaya dada dan juara 3 gaya 50 meter.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Muhaimin. (2015). Manajemen Pendidikan (Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah / Madrasah). Jakarta: Prenada Media.
Mulyono, Abdurrahman. (2018). Pendidikan Bagi anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurfadhillah, Septy. (2021). Pendidikan Inklusi: Pedoman Penyelenggaran Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Sukabumi: Jejak.
Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Pusbangtendik. (2015). Model–Model Layanan Anak Berkebutuhan Khusus.
Rohiat. (2010). Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik. Bandung: Refika Aditama.
Rusdi, Ahmad dan Subandi. (2019). Psikologi Islam: Kajian Teoritik dan Penelitian Empirik. Yogjakarta: Arti Bumi Intaran.
Sardiman A.M. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Uno, Hamzah B. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Warso, Agus Wasisto Dwi Doso. (2017). Publikasi Ilmiah: Tinjauan Ilmiah dan Best Practice. Yogjakarta: Graha Cendekia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.