APLIKASI X RECORDER DALAM LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DI MASA PANDEMI COVID 19

Dwi Indrawati

Abstract


Tujuan dari penulisan karya tulis ilmiah ini adalah mendeskripsikan tentang pemanfaatan video dengan menggunakan aplikasi XRecorder bagi peserta didik dalam layanan bimbingan klasikal di masa pandemi covid 19 dan mendeskripsikan tentang efektifitas video dengan menggunakan aplikasi XRecorder terhadap peserta didik dalam layanan bimbingan klasikal di masa pandemi covid 19. Pemecahan masalah yang dikembangkan dalam karya tulis ilmiah ini berupa aplikasi XRecorder yang digunakan dalam pelaksanaan layanan bimbingan klasikal di masa pandemi covid 19. Aplikasi XRecorder ini akan menghasilkan sebuah video yang bisa digunakan sebagai pemaparan materi atau informasi kepada peserta didik. Hasil pelaksanaan berdasarkan isian kuesioner diketahui peserta didik lebih menyukai pemaparan materi layanan bimbingan klasikal secara daring jika menggunakan media video dan hanya sebagian kecil saja yang memilih media selain video.

Keywords


Aplikasi XRecorder dan layanan bimbingan klasikal

Full Text:

PDF

References


Arsayd, Azhari. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Haryoko, Sapto. (2009). Efektivitas Pemnafaatan Media Audio Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro. Vol. 5(1). Halaman:1-10.

Hasibuan dan Mujiono. (2002). Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, Henni Syafriana dan Abdillah. (2019). Bimbingan Konseling Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Novita, Putri Rika. 2017. Pengaruh Pemanfaat-an Media Video Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi Koloid di Kelas XI SMAN 10 Aceh Barat Daya. Skripsi. Banda Aceh: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Rosidah, Ilmiyatur (2020). Beradaptasi dengan Perubahan Pembelajaran Bahasa dan Sastra di Masa Pandemi. Sidoarjo: Delta pijar khatulistiwa

Sadiman, Arief S., dkk. (2009). Media Pendidik-an, Pengertian, Pengembangan, dan Pe-manfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Supriyo. (2010). Teknik Bimbingan Klasikal. Semarang: Swadaya Publishing.

Sutikno, Sobry. (2014). Metode dan Model-model Pembelajaran. Jakarta: Holisista.

WHO. 26 March (2020). Critical Preparedness. Readliness and Response Actions for Covid-19.

Winarso, Bambang. (2020). Cara Mudah Merekam Layar Smartphone Android Tanpa Root X Recorder buatan InShot memungkinkan Anda melakukannya. https://trikinet.com/post/cara-mudah-merekam-layar-smartphone-android-tanpa-root .10/7/2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.