MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI SAINTIFIK DALAM PROJEK IPAS MELALUI PROJECT BASED LEARNING
Abstract
Tujuan dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk meningkatkan Kompetensi Literasi Saintifik dalam Projek IPAS melalui Project Based Learning pada peserta didik kelas X TITL2 SMK Negeri 2 Probolinggo tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian tindakan kelas dilatarbelakangi oleh kondisi peserta didik yang masih terbebani dengan tuntuntan (target) penyelesaian materi secara tekstual. Sehingga berdampak pada aktivitas dan hasil pelajar peserta didik kelas X TITL2 (Teknik Instalasi Tenaga Listrik) dalam pembelajaran Projek IPAS yang sebagian besar belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Sehingga perlu diterapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang dipadukan dengan Kompetensi Literasi Saintifik pada Projek IPAS. Berdasarkan hasil penelitian, peserta didik telah mendapatkan pengalaman belajar dalam menggunakan model Project Based Learning dan penerapan Kompetensi Literasi Saintifik yang telah berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik. Keberhasilan belajar tersebut dipengaruhi oleh faktor kualitas pembelajaran yang meningkat melalui aktivitas belajar yang telah dijabarkan di atas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Zainal. (2013). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Creswell, J,W. (2010). Research Design Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
Kusumah, W. & Dwitagama, D. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Edisi kedua. Jakarta: PT. Indeks
Laila F, dkk. (2021). Projek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (Projek IPAS) Untuk SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan.
Natawijaya, Rochman. (2005). Aktivitas Belajar. Jakarta: Depdiknas.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susilo, Herawati, Chotimah, H, Sari, Y.D. (2009). Penelitian Tindakan kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayumedia.
Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana
Winataputra, Udin, S. (2001). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta Pusat: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Yulianto, A. Rony dan Dewi Apriani Fr. (2010). Kesulitan Belajar Perpajakan dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal. Tegal: Program Studi Pendidikan Ekonomi,FKIP, Universitas Pancasakti Tegal.
Refbacks
- There are currently no refbacks.