MENINGKATKAN KETERAMPILAN KONSEP DAN PROSES SEJARAH MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING

Sri Rahajoe Ningsih

Abstract


Tujuan umum penelitian ini yakni meningkatkan aktivitas dan hasil belajar keterampilan konsep dan proses Sejarah melalui model Discovery Learning pada peserta didik kelas X DPIB 3 SMK Negeri 2 Probolinggo tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian tindakan kelas dilatarbelakangi oleh ketercapaian KKTP pada pembelajaran sebelumnya yang belum seluruhnya dicapai oleh peserta didik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu diterapkan model pembalajaran Discovery Learning yang diharapkan mampu mengubah kegiatan belajar-mengajar yang teacher oriented menjadi student oriented serta sesuai capaian pembelajaran. Berdasarkan hasil pembahasan pada Bab IV maka dapat disimpulkan bahwa: 1) aktivitas belajar peserta didik kelas X DPIB 3 SMK Negeri 2 Probolinggo mengalami peningkatan pada seluruh aspek yang diamati pada pembelajaran keterampilan konsep Sejarah melalui model Discovery Learning, 2) hasil belajar peserta didik kelas DPIB 3 SMK Negeri 2 Probolinggo mengalami peningkatan pada hasil penugasan dan tes akhir pada keterampilan proses Sejarah melalui model Discovery Learning.


Keywords


Keterampilan konsep dan proses sejarah, discovery learning

Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hanafiah, Nanang dan Suhana, Cucu. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria Dearcin University Press.

Malik. (2001). Pengertian Discovery Learning. Bandung: Citra Aditya.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. (2017). Belajar dan Faktor-Faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudarmanto. (2017). Model Pembelajaran Untuk Penelitian Tindakan Kelas. Yogjakarta: Sunrise.

Sudjana, Nana. (2016). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Yamin, Martinis. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta. Gaung Persada Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.